MENU
icon label
image label
blacklogo

Taste Display, Layar Unik Mampukan Kita Rasakan Makanan Dengan Menjilatnya

JUN 02, 2020@19:00 WIB | 128 Views

Mengobati kangen jalan-jalan, waktu PSBB di rumah seperti ini membuat sebagian banyak orang menonton video mengenai travelling dan kuliner di YouTube. Terlihat enak, kita kadang kerap membayangkan aroma dan rasa makanan yang sedang ditampilkan. Terdengar gila memang, tapi ilmuwan Jepang sedang mengembangkan layar smartphone yang bisa mengeluarkan rasa jika kita menjilatnya.

Ya, dengan Taste Display kembangan Norimaki Synthesizer, kita dapat merasakan makanan yang ada di layar smartphone kita hanya dengan menjilatnya. Sang ilmuwan, Homei Miyashita mengungkapkan jika layar tampil yang dapat dijilat ini dapat memancarkan rasa yang tampil di layar pengguna smartphone.

Walau memang jauh dari kata memuaskan seperti memakan atau meminum hidangannya secara langsung, metode ini paling tidak memberikan kita gambaran rasa yang bisa kita bayangkan.

Teknologi ini berbasis konsep menipu mata untuk melihat sesuatu yang sebenarnya tak ada, dan Miyashita tertarik apakah metode yang sama juga dapat diaplikasikan pada lidah manusia. Taste Display terdiri atas tube gel terbuat dari agar yang bertugas merangsang indera kecap kita untuk merasakan manis, asin, asam, pahit dan gurih.

Campuran dari jeli ini bisa berubah tergantung makanan yang ditampilkan, semisal kita melihat yoghurt, maka komponen gel akan menyalurkan banyak rasa asam dan sedikit manis dan ini berlaku untuk beragam makanan.

Produk ini masih dalam perkembangan dan masih dalam bentuk mentah, jadi kita belum bisa mencobanya. Tapi setidaknya kita memiliki sesuatu yang dinantikan di masa mendatang. [leo/asl/timBX]

Tags :

#
taste display,
#
norimaki synthesizer,
#
layar smartphone

RELATED ARTICLE