MENU
icon label
image label
blacklogo

Switch Lampaui PS4 Sebagai Konsol Terlaris

MAY 19, 2019@10:50 WIB | 173 Views

Famitsu baru-baru ini memperbarui datanya untuk penjualan konsol video game utama di Jepang. Dari 29 April hingga 12 Mei, Switch menjual 83.471 unit. Dalam periode yang sama, keluarga PS4 (menghitung PS4 dan PS4 Pro) hanya menjual 30.003 unit, jumlah yang sedikit jika dibandingkan. Dengan penjualan yang diperbarui ini, Switch total telah menjual sekitar 8.125.637 unit di Jepang, mengalahkan seluruh keluarga PS4, meskipun baru sekitar dua tahun.

Mengingat konsol genggam tampaknya populer di Jepang, mungkin tidak mengejutkan bahwa Switch akan menjadi penjual besar di negara itu. Aspek penting adalah bahwa Switch baru berusia dua tahun, sementara PS4 telah beredar sejak 2014. Switch hanya membutuhkan waktu dua tahun untuk mencocokkan dan melampaui PS4 dalam penjualan. Meskipun sejumlah faktor berperan di sini . Salah satunya adalah fakta bahwa pasar konsol Jepang telah terkenal lemah selama bertahun-tahun sekarang, yang bahkan telah sepenuhnya mengabaikan Microsoft One Xbox. Namun itu masih merupakan prestasi yang mengesankan dari perangkat yang saat pertama kali dirilis hanya sebagai gambling.

Faktanya adalah kini Nintendo Switch telah terjual melampaui PS4 di Jepang. Konsol unggulan Nintendo ini memang berjalan sangat baik. Switch sebelumnya bahkan sudah mengalahkan penjualan konsol pendahulunya ,Nintendo 64. Nintendo kini berencana untuk menjual 18 juta unit lagi pada tahun fiskal ini.

Kesuksesan Nintendo Switch sebagian disebabkan oleh atribut uniknya. Konsol rumahan yang dapat dibawa siapapun ke mana pun adalah konsep yang belum digali oleh desain konsol lain. Namun, konsol hanya menguntungkan seiring perpustakaan perangkat lunaknya alias koleksi game yang bisa dimainkan.  Itulah yang merupakan kekuatan lain dari Switch. Saat diluncurkan pada 2017 Switch trelah menggandeng judul - judul besar seperti The Legend of Zelda: Breath of the Wild, Mario + Rabbids: Kingdom Battle, serta Super Mario Odyssey yang terkenal. Lanjut di 2018 mereka memiliki Kirby Star Allies, Traveler Octopath, dan tentu saja Super Smash Bros. Serangan gencar Nintendo terus berlanjut pada tahun 2019 dengan beberapa rilis profil tinggi lainnya seperti Pokemon Sword & Shield, yang jelas merupakan alasan utama mengapa konsol ini laris manis hari ini.

Nintendo bisa dibilang telah mengalahkan Sony di bagian perangkat lunak tahun ini, yang dapat berarti kita akan melihat perusahaan mulai membuat lebih banyak kemajuan di pasar barat juga. Kita sudah melihat rilis Yoshi's Crafted World, dan pada bulan Juni Super Mario Maker 2 yang sangat dinanti akan dirilis. Pokémon: Sword and Shield akan dirilis akhir tahun ini, dan Animal Crossing serta Luigi's Mansion 3 juga dirilis.

Sederhananya, Nintendo telah memposisikan Switch sebagai konsol untuk dimiliki bagi banyak orang. Nintendo Switch kemungkinan akan terus mendominasi di Jepang, dan Nintendo tampaknya dapat dengan mudah melampaui rencananya untuk menjual 18 juta unit pada tahun fiskal ini juga.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
nintendo switch,
#
ps4,
#
famitsu,
#
jepang,
#
console gaming