MENU
icon label
image label
blacklogo

Step Targetkan Remaja dan Dewasa Muda dengan Rekening Bank Mobile dan Visa Tanpa Biaya

FEB 06, 2019@17:49 WIB | 107 Views

Startup perbankan mobile baru bernama Step ingin membantu membawa remaja ke era tanpa perlu membawa uang tunai. Saat ini, uang tunai lebih jarang digunakan, karena lebih banyak konsumen menukai berbelanja online dan mengirim uang satu sama lain melalui aplikasi pembayaran seperti Venmo. Tetapi remaja khususnya masih sangat dibebani dengan uang tunai - meskipun mereka juga ingin menghabiskan uang mereka untuk hal-hal yang memerlukan kartu pembayaran, seperti belanja di Amazon.com atau game mobile, misalnya.

Di situlah Step masuk.

Perusahaan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dari yang mereka percayai sebagai pasar yang kurang terlayani dalam mobile banking – dimana 75 juta remaja dan dewasa di bawah usia 21 tahun di US masih dipaksa menggunakan uang tunai.

Pasar ini bukan "unbanked," tapi “pre-banked," penjelasan CEO Step, CJ MacDonald.

 “Kami membangun solusi perbankan lengkap yang terutama berfokus pada remaja dan orang tua,” katanya. “Kami ingin itu menjadi rekening bank pertama bagi para remaja. Kami ingin menjadi kartu belanja pertama remaja. Dan kami ingin mengajarkan literasi keuangan dan tanggung jawab secara langsung. ”

MacDonald, bersama dengan CTO Step, Alexey Kalinichenko, sebelumnya dari Square dan startup layanan keuangan, Token, mendirikan Step pada bulan Mei 2018. Tim berisi 10 orang ini juga mencakup beberapa karyawan Gyft yang merupakan, startup platform mobile gift card yang juga dipimpin oleh CJ MacDonald sebelum dijual kepada First Data beberapa tahun lalu.

Meskipun ada sejumlah aplikasi mobile banking yang ada pada hari ini - seperti Chime, Monzo, Simple, Revolut, dan lainnya - Step secara spesifik akan menargetkan remaja berumur 13 tahun ke atas, dan orang baru beranjak dewasa untuk pemasarannya. Remaja di bawah 18 tahun masih membutuhkan persetujuan orang tua untuk mendaftar. Tetapi tujuannya adalah untuk mendorong para remaja untuk membawa ide itu kepada orang tua mereka - bukan sebaliknya.

Fokus langkah pada demografi ini menempatkannya di ruang yang berbeda, di mana ada lebih sedikit kompetitor. kompetitornya yang lebih langsung bukanlah bank seluler, melainkan startup seperti kartu debit remaja dan aplikasi bank Current, atau kartu debit yang dikelola orang tua untuk anak-anak dari Greenlight.

Langkah layanan perbankan mobile juga bertujuan untuk menjadi lebih komprehensif dari sekedar kartu debit. Ini akan menawarkan kombinasi pengecekan, tabungan dan kartu Visa yang berfungsi baik sebagai kredit dan debit.

Kartu ini mencakup Zero Liability Protection dari Visa untuk semua penggunaan yang tidak sah, dan memungkinkan orang tua untuk menetapkan batas pengeluaran pada anak mereka.

Orang tua juga akan bisa menghubungkan rekening bank mereka sendiri ke Step untuk mentransfer secara instan, yang kemudian dapat didistribusikan ke akun anak-anak mereka untuk hal-hal seperti uang saku dan pekerjaan rumah, atau kebutuhan pengeluaran sehari-hari lainnya. Rekening bank Step sendiri didukung oleh Evolve Bank, sehingga FDIC diasuransikan hingga $ 250.000.

Tidak seperti Current, yang membebankan biaya berlangganan untuk menggunakan layanannya, Step bertujuan untuk menjadikan bank bebas biaya bagi konsumennya. Pengguna tidak perlu membayar untuk akun mereka. Rencana Step adalah untuk menghasilkan pendapatan melalui cara tradisional - seperti biaya pertukaran dan melalui praktik peminjaman.

Perusahaan membayar tingkat bunga 2,5 persen pada deposito, menawarkan fitur simpanan menyeluruh dan berbagai alat penganggaran dan mendukung transfer instan gratis antar rekening Step. Ini juga menyediakan akses ke jaringan 35.000 ATM tanpa biaya.

Selain sekadar memfasilitasi perbankan mobile, tujuan Step yang lebih besar adalah untuk mengajarkan remaja menjadi bertanggung jawab secara finansial.

“Sekolah tidak mengajarkan anak-anak tentang uang. Banyak keluarga tidak berbicara tentang uang. Dan itu adalah kecakapan hidup yang sangat penting yang tidak ditangani dengan benar ketika remaja ini tumbuh dewasa," kata MacDonald.

“Ada keterampilan 'Money 101' yang belum saya pelajari - yang tidak pernah dibicarakan orang dengan saya. Hal-hal seperti membangun kredit, berapa banyak kartu kredit yang harus anda miliki, rasio utang terhadap pendapatan,” lanjutnya. "Banyak orang dilepaskan ke dunia nyata tanpa pengalaman [di bidang-bidang itu]," katanya.

Untuk jangka panjang, setelah menyelesaikan kebutuhan yang terkait dengan transaksi perbankan sehari-hari, Step ingin melapisi produk dan layanan lain - seperti alat yang memungkinkan keluarga untuk menabung bersama, misalnya.

Perusahaan meluncurkan layanan perbankan di bawah sistem invite-only untuk peningkatan.

Hari ini, sistem ini membuka daftar tunggu dan program rujukan. Ketika anda mengundang seorang teman, anda masing-masing menerima satu dolar. Akses kemudian akan dilanjutkan dengan dasar first-come,first-serve. Pengguna dapat bergabung dengan Step melalui situs web, aplikasi iOS atau Android.[tje/timBX]

Tags :

#
step,
#
m-banking