MENU
icon label
image label
blacklogo

Spotify Hilangkan Fitur Lirik Bagi Pengguna Non Premium

SEP 08, 2023@14:00 WIB | 717 Views

Salah satu fitur unggulan yang hadir di aplikasi streaming musik Spotify adalah lirik lagu yang bisa dimainkan saat lagu dimainkan. Fitur ini sejatinya hidup tidak hanya untuk pengguna Premium, namun juga pengguna Non Premium atau gratisan.

Namun Spotify perlahan menghilangkan fitur lirik ini bagi pengguna gratisan atau Non Premium ini. Sehingga pengguna ini yang ingin menggunakan fitur lirik ini mau tidak mau harus berlangganan Premium.

Dalam rilis resminya, Kamis (7/9/2023), bahkan ketika pengguna pertama kali membuka Spotify, pengguna yang belum login diumumkan untuk berlangganan Premium apabila ingin memakai fitur lirik. Spotify juga memberikan tautan untuk berlangganan Premium tersebut.

Laporan lainnya dari The Verge, Kamis (7/9/2023), Co-Head Global Communication Spotify, CJ Stanley menyebut bahwa Spotify ingin memaksimalkan fitur langganan Premium ini. “Kami ingin menarik semakin banyak pengguna berlangganan Premium. Salah satunya adalah dengan menjadikan fitur lirik ini sebagai fitur eksklusif”, ungkapnya.

Spotify menyebut penghilangan fitur lirik bagi pengguna non Premium ini masih berstatus uji coba di beberapa negara. Namun Spotify belum mengkonfirmasi apakah fitur menghilangkan fitur lirik untuk pengguna non Premium ini hanya bersifat sementara atau akan berlaku permanen.

Dihilangkannya fitur lirik untuk pengguna Spotify non Premium ini juga didasarkan pada beberapa data keuangan terbaru mereka. Diketahui pengguna Spotify Premium saat ini mencapai 220 juta orang. Ada kenaikan sekitar 34 persen dibandingkan tahun lalu. Namun angka tersebut masih dirasa belum memenuhi target yang ingin dicapai Spotify.

Karena meskipun mengalami pertumbuhan pengguna Premium, laba yang dihasilkan Spotify belum sesuai target. Saat ini, pengguna Spotify Premium menghasilkan keuntungan hingga 2,7 Miliar Euro setiap tahunnya. [edo/timBX]

Tags :

#
spotify,
#
fitur,
#
lirik,
#
premium,
#
aplikasi,
#
streaming musik

X