MENU
icon label
image label
blacklogo

Spotify Bakal Akuisisi Gimlet Media?

FEB 05, 2019@12:00 WIB | 195 Views

Spotify dikatakan sedang dalam tahap pembicaraan lanjutan untuk membeli startup raksasa podcast, Gimlet Media dengan harga lebih dari $ 200 juta, menurut beberapa outlet – ini adalah sebuah langkah yang akan memperluas bisnis layanan streaming musik ini menjadi podcast dan original content.

Gimlet, yang berbasis di Brooklyn ini adalah perusahaan di balik acara populer seperti Reply All. Startup ini juga telah berkelana ke produksi TV: Homecoming podcast yang ditulisnya dan diambil oleh Amazon dan berubah menjadi serial yang dibintangi Julia Roberts. Acara lain milik Gimlet Media termasuk serial bisnis StartUp, serial true crime Crimetown, dan drama naratif The Horror of Dolores Roach.

Jika kesepakatan ini berhasil, ini akan menjadi yang pertama kalinya Spotify mengakuisisi perusahaan konten. Spotify telah mencoba memasuki bisnis video, tetapi juga mengatakan bahwa mereka ingin berekspansi ke bagian podcasting. Pada awal tahun 2018, Spotify meluncurkan bagian baru yang menggabungkan elemen visual dengan podcast, yang mencakup konten dari Gimlet Media. Layanan ini juga memungkinkan penggunanya untuk menambahkan acara mereka ke bagian podcast.

200 juta pengguna dari Spotify mengandalkan layanan streaming musik untuk konten harian audio mereka, jadi menambahkan podcast dalam penawarannya tidak akan banyak mengubahnya dari perspektif pengguna. Dibandingkan dengan bisnis musik yang ketat ini, industri podcast masih kecil dan muda, tanpa label tetapi sungguh menjanjikan.

Model iklan dari podcast saja mampu menghasilkan pendapatan hingga $ 315 juta pada tahun 2017, yang merupakan sebagian kecil dari $ 11,9 miliar yang diperoleh iklan video digital pada tahun itu. Namun, industri podcasting berkembang pesat, yang membuatnya menjadi bentuk konten yang menarik untuk platform dan publisher yang mencari aliran pendapatan baru.

Akuisisi atas Gimlet Media akan memberikan posisi yang kuat bagi Spotify dalam industri podcast - dan dalam persaingan yang lebih dalam bersama Apple.

Menawarkan podcast akan membuat pengguna tetap di Spotify, daripada memaksa mereka pindah ke aplikasi lain untuk mengakses konten tersebut. Dan dengan ini, Spotify juga akan mendapatkan tambahan pengguna dan pendapatan iklan, dengan memberikan kesempatan lebih besar untuk membuat original content. [tje/timBX]

Tags :

#
gimlet,
#
spotify,
#
podcast,
#
music