MENU
icon label
image label
blacklogo

Snapdragon 6 Gen 1 dan Snapdragon 4 Gen 1 Bawa Peningkatan yang Signifikan

SEP 09, 2022@12:00 WIB | 156 Views

Qualcomm memperbarui apa yang dulunya adalah Snapdragon 600 dan Snapdragon 400 Series sebagai persiapan untuk tahun 2023.

Chipset Snapdragon 6 Gen 1 dan Snapdragon 4 Gen 1 yang baru ini, masing-masing ditujukan untuk memberi daya pada jajaran smartphone kelas menengah dan entry-level.

Snapdragon 4 Gen 1

Snapdragon 4 Gen 1 akan menggantikan Snapdragon 480 dan membawa peningkatan kinerja cukup signifikan. Qualcomm menyebutkan peningkatan sebanyak +15% dalam kecepatan CPU dan 10% dalam kinerja grafis. Sebagian besar peningkatan kecepatan CPU mungkin disebabkan oleh peningkatan ke desain inti A78 (A76), karena bandwidth RAM-nya identik.

Snapdragon 4 Gen 1 menghadirkan arsitektur grafis terbaru, yaitu VRS (Variable Rate Shading).

Platform perangkat keras ini diproduksi menggunakan proses semikonduktor 6nm dari TSCM, yang secara signifikan berukuran lebih kecil dari proses 8nm sebelumnya milik Samsung Semiconductors. Seperti biasa, ini akan membantu efisiensi biaya chip ini, memberi Qualcomm fleksibilitas harga.

Spesifikasi nirkabel tidak banyak berubah, tetapi Snapdragon 4 Gen 1 masih merupakan chip 5G, dan fitur Bluetooth telah berubah dari 5.1 menjadi 5.2. 

Snapdragon 6 Gen 1

Chipset ini diproduksi dengan prosesor semikonduktor 4nm, meskipun belum diketajui secara pasti, apakah Samsung atau TSMC yang menjadi pembuatnya. Qualcomm mengejar strategi diversifikasi rantai pasokannya sehingga bisa juga untuk saat ini bergeser ke arah TSMC.

Qualcomm telah menggandakan jumlah inti CPU A78 berperforma tinggi, jadi tentu kita bisa mengharapkan kinerja CPU yang jauh lebih tinggi dari pendahulunya. Qualcomm mengatakan peningkatannya hingga menyentuh angka 40%, tentu saja ini angka yang sangat signifikan.

Jumlah inti efisiensi daya telah meningkat dari 6 menjadi 4, tetapi kami yakin bahwa perubahan tersebut tidak akan berdampak besar pada masa pakai baterai, karena empat inti tentu dapat menangani berbagai "tugas" dengan mudah.

Snapdragon 6 Gen 1 mendapatkan performa grafis sebesar 35%, tetapi detail pada GPU masih belum terungkap. Tampaknya ini merupakan turunan dari arsitektur grafis terbaru yang hemat biaya.

Qualcomm meningkatkan modem terintegrasi ke Qualcomm X62 (dari X51), yang menawarkan banyak fitur di modem X65 yang lebih mahal. Namun, kinerja agregasi operatornya sedikit lebih rendah, mungkin ini ditujukan untuk mengurangi biaya.

Prosesor gambar Spectra (ISP) Snapdragon 6 Gen 1 sekarang sudah mendukung video HDR 4K/30, yang sebelumnya tidak tersedia. [dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
snapdragon,
#
snapdragon 6 gen 1,
#
snapdragon 4 gen 1,
#
chipset,
#
qualcomm