MENU
icon label
image label
blacklogo

Snap Bakal Rilis Aplikasi Edit Video untuk iOS Bernama "Story Studio"

MAY 21, 2021@12:00 WIB | 462 Views

Kecendrungan pengguna media sosial dalam membuat dan menyebarkan konten video buatan sendiri terus meningkat. Hal ini seiring dengan terus naiknya popularitas aplikasi media sosial seperti TikTok sebagai wadah mengekspresikan diri dalam bentuk video. TikTok yang semakin tinggi peminatnya di Indonesia memiliki fitur edit video langsung sebelum diposting.

Sebagai salah satu pesaing TikTok, Snap terkesan ingin menjadi perusahaan yang menjadi tumpuan pengguna sosmed ketika mereka akan mengedit video di perangkat seluler sebelum diunggah ke akun media sosial mereka. Alhasil, dalam pertemuan tahunan kemitraan, Snap mengumumkan aplikasi iOS baru yang akan membantunya mencapai tujuan tersebut bernama "Story Studio".

Dengan kehadiran "Story Studio" diharapkan bakal dapat memberi pengguna sebuah alat pengeditan yang dirancang khusus untuk video seluler atau vertikal. Aplikasi ini akan menarik data dari Snapchat dan fitur Spotlight barunya, yang notabene lebih dikenal sebagai pesaing TikTok, untuk membantu pengguna mengetahui bagaimana dan apa yang harus dibuat.

Para pengguna dapat melihat melalui wawasan Snapchat, seperti apa yang sedang tren di aplikasi baik melalui suara, tagar, maupun lensa. Lensa akan dibuat langsung ke dalam Story Studio, serta Snapchat Sounds dan stiker, sehingga editor dapat menambahkannya.

Tentu, seperti kebanyakan aplikasi pengeditan video lainnya, pengguna dapat memotong video mereka dan mengedit bingkai demi bingkai. Selanjutnya mereka dapat berbagi langsung ke Snapchat melalui tombol bawaan, atau mengunduhnya untuk dipublikasikan di aplikasi lain. Menariknya, konten yang dibuat di Story Studio tanpa ada watermark. Jadi jika dipublikasikan di platform lain, seperti Instagram, tidak akan di-demote oleh algoritme.

Menurut laporan The Verge, Aplikasi Story Studio akan diluncurkan akhir tahun ini. Namun demikian untuk saat ini perusahaan belum membagikan detail lain apa pun tentang kemungkinan versi Android.

Selain itu, Snap memberikan pembaruan tentang Spotlight. Pertama, memudahkan editor video mengupload konten yang mereka buat di aplikasi desktop yang lebih canggih, seperti Final Cut Pro. Konten sorotan sekarang dapat diunggah, dan ditonton, melalui web di snapchat.com/spotlight.

Snap menambahkan bahwa mereka tidak akan lagi mendistribusikan $ 1 juta per hari kepada pembuat Spotlight topnya. Sebaliknya, mulai 1 Juni, itu akan mendistribusikan jutaan per bulan dan tidak menentukan secara pasti berapa banyak. Jumlah yang diterima pembuat konten akan didasarkan pada interaksi yang diterima postingan mereka, seperti saat ini, dan tidak ada batasan jumlah orang yang dapat menerima pembayaran.

Ini bisa menjadi masalah yang berpotensi besar bagi perusahaan karena menandai Spotlight sebagai kesuksesan besar. Beberapa remaja menjadi jutawan hampir dalam semalam, dan Snap mengatakan lebih dari 125 juta menggunakan fitur tersebut pada bulan Maret. Pada saat yang sama, Snap mengatakan bahwa lebih dari 500 juta orang sekarang menjadi pengguna aktif bulanan per bulan ini. Spotlight mungkin ikut andil dalam pertumbuhan ini, tetapi jumlah orang yang masuk dapat berkurang ketika janji satu juta dolar yang didistribusikan per hari ternyata menghilang. [asl/timBX]

Tags :

#
snap,
#
aplikasi edit video,
#
aplikasi edit video ios,
#
story studio,
#
snapchat