MENU
icon label
image label
blacklogo

Siri Bisa Jadi Asisten Digital Baru di Rumah

APR 24, 2020@11:06 WIB | 161 Views

Apa jadinya jika semua aktivitas kita terbantu oleh Internet of Things (IoT)? Wah, pasti akan terasa mudah ya. Jika di film Hollywood, dalam satu rumah discover oleh pemberitahuan sebuah AI, maka kini hal tersebut sedang diriset oleh para ahlinya. Minimum sekarang kita terbantu oleh asisten digital baik google assistant atau siri. “Halo Google, set pengingat jam 12,” atau minta hal lain, kedua asisten pintar ini sangat membantu.

Para peneliti dari Human-Computer Interaction Institute Apple dan Carnegie Mellon University mengatakan, bahwa pihak merilis makalah mengenai upgrade Siri yang dapat memetakan sebuah ruangan. Homepod atau penyedot debu canggih sekarang pun sudah bisa memetakan interior rumah. Tapi hal lain yang ingin digapai periset ini adalah, bagaimana menggunakan asisten digital Apple bisa digunakan lebih luas lagi, untuk sebagai pemberitahuan akan sesuatu hal. Siri bisa mngenal suara yang terpancar di sekitarnya, dan memberikan informasi tersebut kepada pengguna.

Contohnya, jika bunyi beep sebanyak tiga kali yang artinya suara microwave, dan terkonfirmasi siri akan dikirimkan ke penggunanya. Atau lebih spesifik, Siri bisa mengenal lebih banyak suara yang berbeda dari satu benda. Kemudian jika bel pintu berbunyi, asisten ini akan memberitahuan melalui ponsel penggunanya. Namun, Siri sepertinya wajib bekerjasama dengan Hompod milik Apple juga.

Menarik jika pada akhirnya fitur ini resmi dan bisa digunakan pengguna produk Apple. Mudah-mudahan sekelas Google juga akan melakukan riset seperti ini sehingga semakin banyak pilihan untuk digunakan.[prm/timBX] foto: berbagai sumber

Tags :

#
blacktech,
#
apple,
#
iphone,
#
siri,
#
homepod,
#
asisten digital