MENU
icon label
image label
blacklogo

Simak Bocoran Tampilan Facebook Ar Glasses

AUG 27, 2021@15:30 WIB | 163 Views

Tampilan kacamata augmented reality (AR) misterius yang sedang dikembangkan Facebook baru saja bocor, dan memberikan sedikit gambaran tentang bagaimana rasanya menggunakan kacamata tersebut. Setelah pengumuman Horizon Workrooms baru-baru ini, yang merupakan solusi pertemuan virtual banyak orang dengan menggunakan Oculus Quest 2, timing untuk penggunaan teknologi AR tampak cukup sempurna. Tentu saja, Facebook mungkin lebih suka membuat pengumuman resmi pada waktunya sendiri.

AR adalah variasi virtual reality (VR) yang lebih detail secara teknis. Headset VR terlihat mirip dengan mengikat dua layar komputer berukuran kecil ke kepala anda, dan akan benar-benar mengaburkan pandangan di dunia nyata, namun untuk teknologi AR, akan memberikan lapisan tambahan pada kenyataan, seperti tampilan head-up dalam video game. Dengan Oculus Quest, tampilan ini akan dapat dicapai dengan menggunakan kamera pelacak eksternal untuk menangkap tampilan langsung yang dibawa sebagai lapisan latar belakang untuk grafik. Walupun berfungsi, tetapi ini tidak ideal, memiliki ukuran besar yang tidak akan nyaman untuk penggunaan jangka panjang.

Sebuah laporan baru-baru ini oleh Protocol, yang mengungkap keberadaan manual kacamata AR Facebook untuk para pengguna. Dokumen tersebut terletak di situs web FCC dan bertanggal 28 Agustus 2020, artinya informasi yang diungkapkan di dalamnya sudah berumur satu tahun dan banyak perubahan mungkin telah dilakukan dalam beberapa bulan terakhir. Panduan pengguna mengacu pada produk yang dinamakan Gemini dan mencakup beberapa foto desain, sepasang kacamata yang tampaknya memiliki bingkai dan earpiece yang agak lebih tebal dari biasanya.

Manual tersebut mengacu Gemini sebagai headset, bukan kacamata, tetapi dengan tampilan yang cukup ramping dan tidak mencolok dibandingkan dengan Oculus Quest atau kebanyakan headset lainnya. Gemini berisi empat kamera dan tampaknya dapat merekam video dari keempatnya sekaligus membuat file 'VRS', yang merupakan format yang tidak diketahui, mungkin semacam video stereo. Pada bagian kontrol, terdapat tombol daya/power button, tombol pengambil gambar/capture button, dan tombol diam/mute button yang dapat menonaktifkan perekaman audio untuk mode privasi. Semua tombol terletak di lubang suara kanan, bersama dengan sensor jarak.

Facebook mengumumkan menjelang akhir tahun lalu, bahwa mereka sedang mengerjakan kacamata AR, menggunakan nama Project Aria dan sepertinya Gemini tampaknya merupakan perangkat yang sama atau terkait erat, yang memiliki penampilan seperti kacamata. Dokumen manual tersebut hanya setebal 25 halaman, jadi informasi yang dibagikan jumlahnya masih sangat terbatas, 

Fungsi utama yang disebutkan dalam panduan pengguna itu adalah merekam video dan audio, namun Protocol menyebutkan bahwa pengajuan FCC menunjukkan bahwa antena Bluetooth, Wi-Fi, dan GPS disertakan dalam perangkat. Itu menyiratkan kemungkinan fungsionalitas yang jauh lebih besar. Setahun penuh telah berlalu sejak dokumen ini terakhir diperbarui, beberapa fitur lain tersebut mungkin digunakan dengan versi perangkat keras atau perangkat lunak Gemini yang lebih modern. Facebook mengembangkan konsep metaverse-nya dan kacamata AR tersebut akan memainkan peran besar dalam rencana masa depan mereka. [era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
facebook,
#
ar glasses,
#
project aria