MENU
icon label
image label
blacklogo

Sharp Luncurkan Aquos R2 Compact dengan Dual Notch

NOV 15, 2018@17:00 WIB | 70 Views

Smartphone Sharp keluarkan Aquos R2 Compact yang terkesan mendahului pabrikan smartphone yang ada. Sharp mencoba menjawab tantangan yang telah diberikan iPhone X yang menampilkan fitur notch muncul pertama kali pada September 2017. Sejak kemunculan iPhone X, semua mayoritas pabrikan smartphone lebih banyak menambahkan fitur tersebut, baik dalam bentuk kecil, maupun besar, yang digabungkan dalam sebuah pop-up kamera depan.  Kali ini Aquos R2 Compact, meluncurkan produknya dengan dua notches sekaligus.

Satu notches diposisikan diatas, untuk menampung kamera depan, dan satu notches lagi bagian bawah dengan ukuran lebih besar untuk menampung sensor sidik jari dan home button. Tentunya secara fungsionalitas lebih meninggalkan ruang layar yang lebih berguna, dan familiar oleh pengguna gadget, dan itu sisi inovatif yang berhasil dibangun oleh Sharp.

Mengusung OS Android, Aquos R2 Compact memiliki ukuran layar 5,2 inci, dimensi lauar 2.280x1080 (485ppi), menggunakan prosesor Snapdragon 845 dan menggunakan RAM 4 giga dan internal mencapai 64 gb. Tidak menggunakan 2 atau tiga kamera, Aquos R2 Compact menggunakan kamera tunggal 22,6 MP.

Sistemnya telah menggunakan Android 9 Pie, yang sudah support untuk tampilan notched. Sayangnya, edisi ini hanya akan tersedia di Jepang pada tahun 2019, dengan harga yang belum bisa ditentukan.

Banyaknya manufaktur yang menghadirkan ponsel bezel yang lebih tipis membuat  tidak banyak ruang untuk kamera depan atau tombol home. Apple kemudian menambahkan notch buat kamera, kemudian menggantikan tombol dengan Face ID atau Touch ID di iOS.

Sedangkan pengguna OS Android yang mengikuti gaya Apple mulai memindahkan sidik jari di belakang, dan mempertahankan notch untuk kamera depan. Selain Sharp, bagaimana dengna OnePlus 6T dan Huawei Mate 20 Pro, dengan sensor sidik jari tertanam dibagian depan. Seiring persaingan phone maker, Sharp rupanya mendapatkan pujian atas desain dual notch, dan ini menjadi market leader yang pertama.[Ahs/timBX]

Tags :

#
notch,
#
dual notch,
#
sharp,
#
smartphone,
#
aquos r2 compact