MENU
icon label
image label
blacklogo

Senggol Zoom, Google Meet kini Gratis, Semua bisa Jadi Host Meeting

APR 30, 2020@15:40 WIB | 562 Views

Kabar baik bagi Blackpals yang lagi WFH, setelah biasa meeting gratisan menggunakan Zoom, kini Google membuka layanan Google Meet secara gratis untuk seluruh pemilik akun Google. Sebelumnya, Google Meet hanya diperuntukkan bagi konsumen enterprise dan pendidikan via G Suite, di mana hanya pemilik yang bisa membuka conference.

Kini, semua orang yang memiliki akun Google dapat jadi host meeting secara gratis hingga 100 orang partisipan. Tak hanya itu, waktu meeting gratis yang diberikan Google pun cukup panjang yaitu 60 menit untuk setiap meeting, lebih panjang dari Zoom yang dibatasi hanya 40 menit.

Memiliki akun Google memang tidak susah dan bahkan kini hampir semua pengguna smartphone punya akun Google, namun tak seperti Zoom, untuk join meeting Blackpals tidak bisa sembarang tekan link saja lalu masuk, kita harus login terlebih dahulu.

Syarat ini ditetapkan agar host dapat mengendalikan meeting dengan lebih mudah, ya menghindari resiko Zoombombing. Selain itu, Google juga akan mengenalkan pagar keamanan lain di mana partisipan tidak akan dapat langsung masuk ke meeting lewat calendar invite melainkan, hanya bisa masuk jika host mengijinkan.

Tindakan ini dilakukan guna memberikan layanan lebih baik dari layanan Zoom yang saat ini lebih dipilih pejuang kerja di rumah. Melesatnya jumlah pengguna Zoom semenjak badai Covid-19 nampaknya membuat resah Google dan Microsoft yang sesungguhnya sudah lebih dulu punya layanan serupa.

Guna menyedot pasar Zoom, Google pun mengerahkan fitur lengkap yang serupa, termasuk screen sharing hingga real-time captions. Memiliki basis pengguna email yang super banyak, Google Meet juga dapat terintegrasi dengan Gmail sesuatu yang Zoom tidak punya.

Ya, Zoom kini memang berhasil di atas, tapi tampaknya Google dan Microsoft akan mengerahkan segala dayanya untuk membendung Zoom mengambil pasar lebih besar lagi. [leo/timBX]

Tags :

#
zoom,
#
google meet,
#
host meeting