MENU
icon label
image label
blacklogo

Segala Hal tentang Garmin Body Battery yang Perlu Diketahui

MAR 30, 2021@12:00 WIB | 204 Views

Garmin Body Battery merupakan fitur dari Garmin yang bertujuan menawarkan wawasan tentang energi dan kesiapan pengguna untuk latihan. Fitur ini tersedia di sejumlah perangkat dari perusahaan dan dapat membantu pengguna berlatih lebih efektif.

Cara Kerja Fitur

Dalam situs web resmi Garmin dijelaskan bahwa, Body Battery menggabungkan variabilitas detak jantung (HRV), stres, dan data aktivitas untuk menghitung kemungkinan cadangan energi pengguna. Ia menggunakan informasi ini untuk menghasilkan angka antara 1-100, di mana 100 adalah energi maksimum.

HRV sendiri merupakana pengukuran yang berguna untuk dominasi sistem saraf simpatis. Sistem saraf simpatik bertanggung jawab atas respons "fight atau flight" dan dikaitkan dengan peningkatan detak jantung, kekebalan yang tertekan, pencernaan, dan kecemasan. Saat BlackPals menghembuskan napas biasa akan menjadi sedikit lebih simpatik, yang berarti tubuh menjadi sedikit rileks yang ditunjukkan dengan sedikit penurunan detak jantung.

Jika detak jantung tidak banyak berubah selama pernafasan (jika variabilitas rendah) itu menunjukkan tubuh terlalu stres untuk menenangkan diri. Ini cenderung berkorelasi dengan gairah fisiologis, penyakit, keracunan, stres psikologis, kelaparan, atau pemulihan yang tidak tuntas.

Garmin mengatakan, data HRV kemudian digabungkan dengan stres. Seperti nampak pada screenshot (di atas) dari data HRV yang menunjukkan bagaimana kedua metrik berinteraksi. Secara umum, lebih banyak stres = baterai yang cepat habis, seperti yang diharapkan.

Tingkat aktivitas dapat membantu mengontekstualisasikan data ini. Jika BlackPals telah berlatih intensif selama lima hari berturut-turut, kemungkinan besar akan lelah. Data tidur pun jadi faktor skor Body Battery. Garmin menyarankan cara terbaik mengisi ulang baterai yaitu dengan tidur nyenyak saat mengenakan perangkat.

Garmin Body Battery mengandalkan data kumulatif. Jika pengguna memiliki hari sangat tenang, ini akan dilihat dari aktivitas sebelumnya. Penting diperhatikan, kurang tidur satu malam tidak langsung disamakan dengan energi rendah. Namun, lima malam kurang tidur mulai meningkat!

Manfaat Garmin Body Battery

Manfaat Garmin Body Battery bergantung pada penggunaan masing-masing. Banyak orang menemukan Body Battery adalah representasi yang cukup akurat dari tingkat energi subjektif mereka. Untuk itu, penting mengetahui betapa sulitnya berlatih di saat tertentu, sebab terus mendorong saat lelah dapat merusak body tanpa memberinya kesempatan untuk pulih. Hal ini dapat menyebabkan overtraining atau under-recovery.

Paling tidak, perlu ada waktu pemulihan memadai untuk memastikan hasil terbaik dari pelatihan. Latihan beban, misalnya, bersifat bifasik. Proses serupa memungkinkan adaptasi sistem saraf. Di mana bekerja lebih keras lebih lama juga tidak selalu menjadi solusi. Umumnya, manajemen Garmin Body Battery dapat mengajarkan manajemen energi yang lebih baik.

Body Battery memungkinkan pengguna mengidentifikasi tren. Jika terus menerus mendapati skor lebih rendah dari yang diinginkan, Anda dapat mulai mencari cara memperbaikinya. Selain itu, harus mengenali juga keterbatasan alat ini. Cara terbaik mengetahui apakah akan berlatih pada kesempatan tertentu atau tidak dengan mengikuti perintah sistem.

Ada lebih banyak faktor yang berkontribusi pada kesiapan berlatih, faktor yang tidak mungkin dapat diukur oleh Garmin Body Battery. Jika cedera atau menderita migrain disarankan tidak berlatih. Sebab pada dasarnya Body Battery cerminan HRV.

Fitur ini tidak sepenuhnya unik. Perangkat lain, seperti Oura Ring 2 atau Whoop Strap, memiliki kemampuan serupa untuk mengukur HRV dan menghasilkan skor "readiness". Bahkan, Oura Ring 2 bisa dibilang lebih baik.

Body Battery mengharuskan pengguna memakai perangkat secara konsisten, termasuk di malam hari, dengan hanya istirahat sebentar untuk mengisi daya. Saat berhenti menggunakannya, akan terlihat garis putus-putus muncul pada grafik. Ini menunjukkan nilai taksiran yang dihasilkan sebagai kombinasi dari data populasi dan tren individu. Jika berhenti memakai jam tangan selama beberapa jam, skor akan disetel ulang.

Perangkat Garmin dengan Body Battery

Jika ingin mencoba Garmin Body Battery, BlackPals dapat menemukannya pada salah satu perangkat yang kompatibel berikut:

- Garmin Approach S62

- Garmin Enduro series

- Garmin Fenix 6 series

- Garmin Forerunner 45 / 45S, 245 / 245 Music, 745, 945

- Garmin Swim 2

- Garmin Instinct / Solar series

- Garmin Legacy Hero / Saga series (Captain Marvel, First Avenger, Darth Vader, Rey)

- Garmin Lily

- Garmin Marq collection

- Garmin Quatix 6

- Garmin Tactix Delta series

- Garmin Venu / Venu Sq

- Garmin Vivoactive 4 / 4S

- Garmin Vivosmart 4

- Garmin Vivomove 3 / 3S, Luxe, Style

Setelah BlackPals mulai memakai salah satu dari perangkat di atas, masih perlu waktu 5-7 hari untuk mempelajari kebiasaan dan menyesuaikannya. [asl/timBX]

Tags :

#
garmin body battery,
#
manfaat garmin body battery,
#
fungsi garmin body battery

RELATED ARTICLE