MENU
icon label
image label
blacklogo

Sebuah Bug Dalam iOS Dapat Menghilangkan Fitur WiFi Secara Permanen

JUN 21, 2021@19:00 WIB | 178 Views

Saat anda memindai area untuk menyambungkan ponsel anda ke suatu jaringan WiFi, pastinya banyak nama WiFi yang akan muncul. Nama-nama WiFi ini biasanya diatur dengan bebas oleh pemilik WiFi sehingga terkadang anda akan menemukan nama yang cenderung aneh atau lucu, namun jika anda menemukan jaringan WiFi bernama “%p%s%s%s%s%n”, jangan disambungkan ke ponsel anda.

Ini karena menurut peneliti keamanan, Carl Schou, tampaknya ada bug aneh di iOS yang yang mengganggu konektivitas ponsel anda. Yang terjadi ketika anda menyambungkan dengan WiFi tersebut adalah  WiFi iPhone anda akan dinonaktifkan secara permanen. Schou juga mengklaim bahwa dapat mengubah SSID hotspot atau me-reboot ponselnya tidak membuat banyak perbedaan.

Satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengatur ulang pengaturan jaringan iPhone Anda, yang untungnya cukup mudah dan tidak terlalu berbahaya, dibandingkan dengan mengatur ulang seluruh ponsel anda. Anda dapat melihat video di posting-an Twitter dari Schou yang menunjukkan bahwa ketika dia mencoba mengaktifkan kembali WiFi, tetapi tidak bisa, karena nonaktif secara otomatis. Saat ini tidak jelas mengapa bug ini terjadi, tetapi beberapa berspekulasi bahwa penggunaan tanda "%" yang menjadi sumber masalah.

Ini karena dalam beberapa bahasa pemrograman, "%", digunakan sebagai penentu format string, dan ketika iOS melihatnya, mereka mungkin mencoba menguraikannya dan menjadi penyebab dari masalah ini. Anehnya Android tampaknya tidak terpengaruh dengan bug ini sehingga untuk saat ini hanya iPhone yang terlihat terpengaruh. Ini bukan bug yang terlalu merusak ponsel, tetapi semoga Apple akan segera memperbaikinya. [era/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
bug,
#
bug ios,
#
ios,
#
fitur wifi,
#
teknologi inovatif