MENU
icon label
image label
blacklogo

Samsung Perkenalkan UV Sterilizer, Bunuh Kuman dalam 10 Menit

JUL 03, 2020@13:30 WIB | 220 Views

Pandemi global Covid-19 telah membuat banyak orang lebih sadar akan kebersihan diri sendiri. Mulai dari mencuci tangan setelah membawa paket, mencuci bahan makanan, dan menggunakan pembersih tangan setelah menyentuh gagang pintu. Sejalan dengan hal tersebut, sejumlah sektor berinovasi dengan meluncurkan produk dan teknologi untuk mendukung adaptasi masyarakat di situasi saat ini. Salah satunya raksasa elektronik Korea Selatan, Samsung, yang belum lama ini memperkenalkan Samsung UV Sterilizer.

Gaya hidup masyakakat yang tak pernah lepas dengan smartphone dan earphone, membuat Samsung menawarkan alat sterilisasi. Tak dapat dipungkiri, benda elektronik juga dapat menjadi tempat bersarangnya kuman yang bisa berbahaya bagi kesehatan.

Samsung mengumumkan UV Sterilizer di Thailand pada hari Rabu, 1 Juli lalu. Produk ini terlihat seperti kotak plastik putih dengan penutup, dan dapat menampung smartphone, arloji, earbud nirkabel, atau apa pun yang dapat Anda masukkan ke dalamnya. Samsung mengklaim, UV Sterilizer ini efektif membunuh 99 persen kuman dan bakteri hanya dalam 10 menit, dengan menggunakan radiasi UV-C.

Pengaturan Dual UV di perangkat dapat menghilangkan patogen dan bakteri di kedua sisi perangkat dalam sekali proses. Dengan ukuran 22,8 x 12,8 x 4,9 cm, Samsung UV Sterilizer dapat mengakomodasi perangkat yang lebih besar seperti Samsung Galaxy S20 Ultra dengan layar 6,9 inci. Untuk menggunakan UV Sterilizer, cukup masukkan sesuatu ke dalamnya, tutup, dan tekan tombol. Ada lampu indikator LED untuk menampilkan proses sterilisasi berjalan dan saat proses sanitasi selesai.

Perusahaan teknologi Korea Selatan itu mengatakan bahwa pengguna hanya perlu mensterilkan kedua sisi ponsel dalam waktu singkat, sekitar 10 menit. Fungsionalitas UV Sterilizer juga tidak terbatas hanya sebagai disinfeksi saja. Produk terbaru Samsung ini juga berfungsi sebagai pengisi daya nirkabel dan mendukung pengisian daya 10W.

Tampaknya ini merupakan perpanjangan dari layanan sanitasi telepon yang sudah ditawarkan Samsung di sekitar 19 negara di seluruh dunia melalui Pusat Layanan Samsung dan Toko Experience Samsung.

Adapun Samsung UV Sanitizer, saat ini hanya tersedia untuk pembelian di Thailand dengan harga 1.590 baht, yang secara kasar dikonversi menjadi $50 dolar AS atau sekitar Rp700 ribu Rupiah. Penulis berharap Samsung segera merilis produknya di negara lain, karena sampai saat ini belum ada keterangan resmi. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
uv sterilizer,
#
samsung uv sterilizer,
#
alat sterilisasi

RELATED ARTICLE