MENU
icon label
image label
blacklogo

Samsung Galaxy S21 Ultra Hadir Dengan OLED Berdaya Rendah

JAN 29, 2021@13:30 WIB | 234 Views

Samsung mengumumkan Galaxy S21 Ultra akan menjadi ponsel pertama perusahaan yang menawarkan kecepatan refresh 120Hz pada resolusi QHD + full frame, mengemas baterai lebih besar, kamera superior, lebih banyak RAM dan penyimpanan internal, serta S Pen.

Smartphone ini juga menggunakan layar OLED berdaya rendah. Samsung Display, mengklaim bahwa teknologi layar baru memberikan luminositas atau kecerahan dan efisiensi daya yang lebih baik dari ponsel sebelumnya. Panel OLED baru mengurangi konsumsi daya baterai hingga 16 persen.

OLED baru tampaknya mampu dilakukan berkat mengalirkan elektron lebih cepat dan lebih mudah di seluruh lapisan organik layar, yang berarti panel daya rendah dapat menghasilkan kecerahan yang sama dengan mengambil lebih sedikit daya, “meningkatkan masa pakai baterai untuk smartphone 5G pengguna yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk menonton video”.

Layar OLED tidak memerlukan sumber cahaya terpisah. Mereka menghasilkan cahayanya sendiri ketika arus listrik melewati bahan organik pencahayaannya. Pada dasarnya efisiensi bahan organik-lah yang menentukan performa layar OLED termasuk gamut warna, kecerahan, high-dynamic-range (HDR), dan konsumsi daya. Samsung mengatakan bahwa “saat konsumsi daya layar dipotong, ini mempengaruhi waktu penggunaan smartphone secara signifikan”.

Dilihat dari ulasan yang diberikan, ponsel ini menawarkan hampir 7,5 jam layar menyala dengan tampilan resolusi tertinggi. Jadi, teknologi tampilan ini tampaknya berhasil dalam skenario penggunaan kehidupan nyata.

Galaxy S21 Ultra adalah satu-satunya smartphone yang menampilkan teknologi layar baru pada saat ini. Namun, karena Samsung juga memasok panel OLED-nya ke OEM lain, sangat berharap lebih banyak ponsel yang menggunakan panel OLED baru di masa mendatang.

Samsung Display merupakan produsen OLED terbesar di dunia. Perusahaan ini memegang hampir 5.000 paten yang melibatkan penggunaan bahan organik pada display. Samsung Display juga telah berkolaborasi dengan beberapa perusahaan material global untuk menciptakan material tampilan organik yang lebih efisien. [geo/asl/timBX]

Tags :

#
samsung galaxy s21 ultra,
#
samsung,
#
galaxy s21 ultra,
#
spesifikasi galaxy s21 ultra