MENU
icon label
image label
blacklogo

Samsung Galaxy S21 Mudah Dibongkar-Pasang

JAN 26, 2021@09:00 WIB | 155 Views

Ponsel baru Samsung Galaxy S21 hadir dengan perubahan mencolok. Mulai dari kurangnya pengisi daya dalam kotak dan tidak adanya kartu slot memori micro SD. Meski kabar ini terdengar mengecewakan, namun pembongkaran yang baru-baru ini dilakukan menilai Galaxy S21 menguntungkan dalam perbaikan.

Pembongkaran ponsel dilakukan oleh saluran teknologi PBK, yang memberi skor cukup baik untuk Samsung Galaxy 21 dari segi perbaikan dan DIY. Pembongkarannya terbukti lebih cepat dan bebas rasa sakit.

Panel belakang terlepas dalam keadaaan utuh dengan alat pengungkit setelah menerapkan panas. Dan ada banyak komponen di dalamnya yang mudah dibongkar, seperti melepas beberapa sekrup dan kabel pita fleksibel di sana-sini.

Dengan dilepasnya pelat belakang, hanya ada 22 sekrup Philips yang menahan sebagian besar benda. Bahkan melepas pelat ini tak perlu menggunakan pemanas khusus, karena bisa dengan menggunakan pengering rambut.

Banyak komponen internal yang menjadi satu kesatuan, sehingga mudah untuk menggantinya secara mandiri. Tinjauan dari PBK menjelaskan proses selama melepas layar secara audio, namun tidak disertai visual. Kita masih harus menunggu beberapa pembongkaran lainnya untuk melihat, apakah pembongkaran benar-benar semudah yang diutarakan.

Untuk saat ini, masih sulit membuat perbandingan langsung dengan reparabilitas perangkat lain. Itu karena PBK belum menyertakan peringkat numerik di semua ulasannya. Namun, untuk Galaxy S21 ini PBK memberi skor 7,5 / 10.

Masih dengan merek yang sama, Samsung Galaxy S20 Ultra juga telah dibongkar oleh PBK dan hanya mengantongi skor 3 / 10. Setidaknya Samsung tampak telah melakukan upaya yang lebih baik untuk merancang perangkat yang dapat diperbaiki dan lebih ramah lingkungan.

Meski demikian, tidak semua bagian dapat dibongkar dengan mudah. Misalnya bagian kamera depan, pemindai sidik jari di bawah layar dan baterai. Setidaknya, perbaikan yang telah disederhanakan ini adalah hal positif untuk dilihat.

Selain itu, PBK juga melangkah lebih jauh dengan membongkar Samsung Galaxy S21 Ultra yang merupakan andalan S-lineup tahun ini. Terungkap bahwa penutup lensa kamera terbuat dari logam seperti bingkai perangkat.

Mengingat model ini adalah versi internasional dari S21 Ultra, telepon tidak memiliki antena mmWave yang terletak di sisi kiri dan kanan. Sebagian besar komponen disatukan dengan perekat dan membutuhkan alkohol isopropil untuk melonggarkan perekat dan melepasnya dengan aman.

Pada akhirnya, PBK memberi skor 6 / 10 untuk Galaxy S21 Ultra karena kesulitan dalam melepas baterai dan kabel display. Bagian belakang juga terbuat dari kaca sehingga lebih sulit membuka perangkat dan penuh kehati-hatian agar tidak pecah. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
samsung galaxy s21,
#
samsung,
#
galaxy s21,
#
spesifikasi samsung galaxy s21