MENU
icon label
image label
blacklogo

Ricoh Kembali Hadirkan Kamera Film Terbaru Setelah 21 Tahun

JUL 03, 2024@16:00 WIB | 232 Views

Perusahaan asal Jepang, Ricoh dulu cukup terkenal dengan berbagai produk kamera film. Namun seiring trend penggunaan jenis kamera digital, membuat Ricoh tidak lagi menghadirkan produk kamera film.

Produk kamera film terakhir yang dimiliki Ricoh yaitu Pentax 1st di tahun 2023 silam. Setelah 21 tahun berlalu, Ricoh akhirnya kembali menghadirkan sebuah kamera film keluaran terbaru yang diberi nama Pentax 17.

Melansir CNET, Desainer kamera Ricoh Pentax, Takeo Suzuki menyebut hadirnya kembali kamera film dari Ricoh karena kembali populernya penggunaan kamera film. Ia ingin agar generasi muda saat ini bisa lebih banyak memiliki kamera film dengan kondisi yang lebih baru dan lebih canggih.

Ia menambahkan bahwa Pentax 17 juga menjadi jembatan antara generasi muda dan tua dalam penggunaan model kamera film “Kamera Ricoh Pentax 17 ini menjadi salah satu cara kami memperkenalkan berbagai keunggulan kamera film yang dibalut dengan nuansa modern dan punya ciri khasnya tersendiri”, ungkap Takeo.

Secara spesifikasi, Ricoh Pentax 17 mengusung model film berformat 35 mm dengan tampilan half frame. Kamera ini punya orientasi foto dan jendela bidik berbentuk vertikal berukuran 17x24 mm. 

Penggunaan model half frame ini juga akan memudahkan fotografer bisa mendapatkan 72 foto dari rol film yang berisi 36 exposure. Dengan konfigurasi ini diklaim bisa menghemat biaya dari pembelian film pada kamera yang memang tergolong mahal.

Soal lensa, kamera ini menggunakan ukuran 25 mm f3/5 serta fokal lensa ekuivalennya di 37 mm karena mengusung half fame. Kamera ini juga sudah dibekali dengan lampu flash berkekuatan GN20 dan baterai CR2 yang ditempatkan di dalam pegangan sisi kanan kamera tersebut.

Kamera film ini juga memiliki jendela optik yang memiliki dua frame line untuk mengatur jarak dekat jauhnya pengambilan gambar. Serta kamera ini juga sudah dibekali dengan tuas manual untuk film advanced dan rewind sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Kamera Ricoh Pentax 17 sendiri sudah dijual dengan harga 550 Dolar AS atau kurang lebih setara Rp 9 jutaan. Memang harganya tergolong cukup mahal, namun karena ini kamera dalam kondisi baru, jelas mendapat masa garansi serta perawatan yang seharusnya lebih mudah dibandingkan kamera film model jadul. [edo/timBX]

Tags :

#
ricoh,
#
pentax 17,
#
kamera,
#
film,
#
model,
#
perangkat

X