MENU
icon label
image label
blacklogo

Review Realme 3: Primadona Baru Ponsel Rp 2 Jutaan

MAR 12, 2019@18:00 WIB | 200 Views

Sejak awal debutnya di Indonesia, Realme seakan ingin menegaskan diri sebagai brand smartphone yang menawarkan perangkat mumpuni dengan banderol harga yang tak bikin mengernyitkan dahi.

Pada akhir Q1 2019 ini, Realme kembali menggebrak pasar smartphone di Indonesia dengan secara resmi meluncurkan Realme 3. Lantas seperti apa “gebrakan” yang dibuat oleh ponsel yang mengusung tagline”Power Your Style” ini?

Desain dan Layar

Konsep desain unibodi coba diadopsi oleh Realme 3. Menurut Realme, dengan konsep desain unibodi seperti ini, pengguna akan memperoleh genggaman dan efek visual yang lebih baik. Bodi ponsel yang ramping juga turut dipercantik dengan balutan warna hitam gradasi biru (Dynamic Black) pada bagian back cover yang memancarkan efek berkilau.

Penerapan desain ini ternyata memiliki filosofi tersendiri. Menurut Realme, mereka ingin membuat Realme 3 menjadi yang terbaik di rentang harga yang lebih kompetitif, dengan membawa sentuhan dan pengalaman visual kepada pengguna dan menghadirkan desain yang menarik, serta proses pengerjaan yang terbaik.

Pada bagian belakang tersusun setup dual camera dan LED flash yang berjajar vertikal. Jika dicermati, terdapat lingkaran kecil berwarna kuning pada kameranya. Lingkaran tersebut mereka sebuah Realme ring, yakni sebuah ring berwarna yellow iris yang ternyata merupakan sebuah ciri khas dari Realme yang coba mereka tampilkan.

Menurut Realme, logo merek dan komposisi kamera sengaja dirancang dalam pengaturan vertikal, agar visual produk tampak lebih elegan.

Beralih ke bagian muka , layar Realme 3 mengusung desain notch berbentuk dewdrop guna menampung kamera depan. Berkat penggunaan layar dewdrop ini, Realme 3 mampu menghasilkan rasio screen-to-body hingga mencapai 88,3%. Layar ponselnya sendiri memiliki luas 6,22 inci dengan resolusi HD+.

Slot SIM Card-nya berada di sisi kiri. Untungnya slot ini sudah mampu menampung dua buah SIM Card dan satu microSD. Sehingga tak perlu ada dilema antara menggunakan SIM 2 atau microSD.

Spesifikasi dan Performa

Tak sekadar cantik di luar, namun juga gahar di dalam. Mungkin kalimat ini cocok ditujukan bagi Realme 3, bila mengintip spesifikasi yang ditawarkannya.

Realme 3 ditenagai prosesor octa-core dengan kecepatan 2,0 GHz. Chipsetnya mengandalkan MediaTek Helio P60. Berbekal fabrikasi 12nm, chipset ini diklaim lebih hemat daya hingga 15% jika dibandingkan dengan fabrikasi 14nm. Kinerjanya juga akan diperbantukan dengan RAM 6 GB dan memori internal seluas 64 GB.

Berikut ini sedikit gambaran performa Realme 3 dari uji performa yang kami lakukan dengan menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark.

Selama menggunakan Realme 3 sebagai daily driver, keperluan seperti chatting, browsing, sosial media, semuanya dapat dijalani tanpa kendala. Lalu, bagaimana untuk kebutuhan gaming? Pertanyaan Anda pasti, lancar atau tidak untuk main game seperti PUBG Mobile, bukan?!

Jawabannya adalah sangat lancar. Tidak ada kendala seperti lag saat saya coba bertahan hidup di kerasnya medan Miramar atau mencekamnya rumput-rumput tinggi di Sanhok. Begitu pun saat memainkan game lainnya, seperti Mobile Legends dan game anyar berjudul Lifeafter.

Sebagai sumber daya tertanam baterai dengan kapasitas 4.230 mAh. Baterainya telah dilengkapi dengan fitur CABC (Content Adaptive Backlight Control), yang mana Realme 3 dapat secara dinamis menyesuaikan rasio kontras pada setiap konten yang ditampilkan di layar dengan tetap mempertahankan kecerahan rendah, mengurangi arus pada layar dan menghemat daya.

Ponsel ini mampu menemani kegiatan saya seharian penuh. Bahkan dengan diselingi kegiatan nge-game beberapa kali. Proses pengisian daya saya lakukan hanya sekali dalam sehari.

Hal lain yang saya suka dari Realme 3 adalah penggunaan user interface Color OS 6 yang berbasis Android Pie 9. Tampilan antarmukanya terasa lebih segar dan enak dipandang, maupun digunakan.

Kamera

Beralih ke kamera, sektor ini yang menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan Realme 3, selain harga yang menggiurkan tentunya.

Realme 3 hadir dengan setup dual kamera utama 13MP+2MP, lengkap dengan kombinasi aperture f/1.8 dan lensa 5P. Kameranya juga telah didampingi AI Scene Recognition yang mampu mengenali 16 scene dan 100 kombinasi pemandangan guna menyesuaikan pencahayaan dan kontras yang terbaik.

Nah, keunggulan kamera  yang saya sebutkan tadi terletak pada fitur Mode Chrome Boost dan Nightscape yang disuntikkan pada kamera Realme 3.

Hadirnya fitur Mode Chroma Boost akan memaksimalkan kinerja AI pada kamera. Fitur ini akan membuat efek gambar, warna dan style foto yang lebih baik. Warna-warna tertentu juga dapat dioptimalkan sesuai dengan scene yang dideteksi agar terlihat lebih cerah dan lebih menarik.

Sedangkan Nightscape dihadirkan secara khusus untuk meningkatkan kualitas gambar dalam cahaya redup.  Fitur ini akan meningkatkan bagian foto yang redup, agar detail tampak lebih baik. Selain itu juga meminimalisir hadirnya noise di hasil jepretan.

Selama saya mencoba mengabadikan gambar dengan fitur ini, hasilnya sangat memuaskan dan layak diacungi jempol. Berikut hasil foto perbandingan yang diambil tanpa dan dengan mengaktifkan fitur Nightscape.

(Sebelum mengaktifkan fitur Nightscape)

(Setelah mengaktifkan fitur nightscape)

Guna ber-swafoto, Realme menyematkan kamera depan dengan resolusi 13MP dengan bukaan lensa sebesar f/2.0. Tak ketinggalan kinerja dari teknologi AI yang siap membantu memuaskan hasrat selfie Anda. Berikut beberapa hasil selfie Realme 3.

Kesimpulan

Hadirnya Realme 3 benar-benar merupakan sebuah gebrakan bagi pasar smartphone di Indonesia. Bagaimana Realme dengan berani menghadirkan smartphone dengan spesifikasi yang cukup menggoda, di rentang harga kurang dari Rp 2 juta.

Fitur Nightscape yang jadi andalan tak bisa dipandang sebelah mata. Hasilnya benar-benar memuaskan, dan bukan sekadar gimmick yang (biasanya) berakhir mengecewakan.

Kombinasi harga, spesifikasi, dan fitur yang ditawarkan, rasanya sangat pantas jike Realme 3 dijadikan pilihan. [Hlm/timBX]

Tags :

#
realme,
#
realme 3 indonesia,
#
review realme 3 indonesia,
#
spesifikasi realme 3 indonesia,
#
harga realme 3 indonesia