MENU
icon label
image label
blacklogo

Qualcomm akan Meluncurkan Chipset untuk PC di Tahun 2023

NOV 17, 2021@14:30 WIB | 91 Views

Tahun lalu, Apple meluncurkan chipset Apple Silicon pertama bernama M1, yang kemudian digunakan untuk memberi daya pada perangkat komputasi Mac seperti MacBook Air, Mac Mini, dan iMac. Sejak itu banyak yang memuji Apple atas upaya mereka dalam pembuatan chipset mereka sendiri, tetapi tampaknya pada tahun 2023, Apple akan mendapatkan pesaing kuat, yaitu Qualcomm.

Selama acara Qualcomm untuk para investor di tahun 2021, Dr. James Thompson, chief technology officer Qualcomm mengungkapkan bahwa perusahaan akan meluncurkan chipset PC mereka sendiri pada tahun 2023. Chipset tersebut akan dirancang oleh tim Nuvia yang terdiri dari trio mantan insinyur Apple yang telah bekerja pada chipset A-series yang terdapat di iPhone dan iPad, dan diakuisisi oleh Qualcomm di awal tahun ini seharga $ 1,4 miliar.

Menurut Qualcomm, mereka mengklaim bahwa chipset mereka akan dapat menjadi pesaing chipset seri M buatan Apple dan akan menawarkan “sustained performance and battery life”. Perlu dicatat bahwa ini sebenarnya bukan upaya pertama Qualcomm untuk membuat chipset yang khusus digunakan di komputer, sebelumnya Qualcomm telah mencoba meluncurkan komputer dengan chipset Snapdragon.

Mereka juga bekerja sama dengan Microsoft untuk chipset khusus yang digunakan di perangkat Surface, tetapi pada akhirnya tidak cukup berhasil mengumpulkan perhatian atau pujian yang sama seperti yang didapatkan Apple dari chipset seri M. Akankah perusahaan lebih beruntung kali ini? kita lihat saja di tahun 2023 nanti. [era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
qualcomm,
#
chipset,
#
pc