MENU
icon label
image label
blacklogo

Punya Informasi Rahasia di WhatsApp, Manfaatkan Fitur Baru Ini

NOV 05, 2020@10:00 WIB | 243 Views

Perlu diketahui bahwa semua konten, terutama obrolan di aplikasi WhatsApp, belum tentu aman 100%, meskipun ponsel kita sudah dienkripsi sekalipun. Oleh karena itulah, terkadang kita memerlukan suatu fitur yang memiliki lapisan keamanan tambahan, terutama jika kita berurusan dengan informasi sensitif atau rahasia. Mungkin masalah inilah yang membuat WhatsApp berinisiatif meluncurkan fitur baru di aplikasinya, yang mana itu bisa dimanfaatkan oleh penggunanya. Ini merupakan fitur pesan yang bisa merusak diri sendiri. Dan nama fitur ini disebut Disappearing Messages.

Bagaimana cara kerja fitur baru WhatsApp ini? Bila fitur diaktifkan, pesan akan dihapus secara otomatis setelah 7 hari, meskipun ini hanya memengaruhi pesan yang dikirim setelah fitur tersebut diaktifkan, jadi pesan Anda sebelumnya masih aman jika Anda ingin menyimpan riwayat obrolan tersebut. Namun berdasar pernyataan pihak WhatsApp, bahwa fungsi fitur baru Disappearing Messages ini memiliki batasan tertentu dalam kinerjanya. Sebagai permulaan, semua pengguna harus mengaktifkan fitur tersebut agar dapat berfungsi. Jadi jika orang A telah mengaktifkannya tetapi orang B tidak, maka itu tidak akan berfungsi.

Selain itu, WhatsApp memperingatkan bahwa mungkin ada kasus di mana pesan yang hilang tidak dihapus, seperti ketika pesan itu ditampilkan dalam pratinjau tanpa pengawasan dalam pemberitahuannya, jika mereka dikutip, atau diteruskan ke obrolan lain di mana Disappearing Messages tidak diaktifkan. Perlu diingat bahwa fitur tersebut ada bila Anda ingin memanfaatkannya, jadi pastikan Anda memiliki aplikasi versi terbaru.

Perlu diketahui bahwa fitur Disappearing Messages ini masuk dalam kategori Storage Management Tool yang diperbarui oleh pihak WhatsApp, yang merupakan manajemen penyimpanan yang didesain ulang untuk menghapus pesan-pesan sampah. Tool ini terlihat memang telah hadir pada awal tahun ini, namun yang baru sudah diperbarui lagi demi kemudahan penggunanya. Ya, tool manajemen penyimpanan baru ini bisa  membantu pengguna WhatsApp dengan mudah dalam mengidentifikasi, meninjau, dan menghapus konten secara massal untuk mengosongkan kapasitas penyimpanan di ponsel mereka. Tool ini juga memudahkan untuk melihat dan menghapus file yang tidak perlu yang diteruskan atau dibagikan beberapa kali menggunakan aplikasi pesan instan.

Dan Storage Management Tool yang didesain ulang ini rencananya segera diluncurkan untuk pengguna WhatsApp di seluruh dunia pada pekan ini.[prm/inn/timBX]

Tags :

#
blacktech,
#
whatsapp,
#
disappearing messages