MENU
icon label
image label
blacklogo

PS5 vs Xbox Series X: Konsol Generasi Lanjutan Mana yang Harus Dipilih?

DEC 11, 2020@16:30 WIB | 288 Views

Perangkat PS5 dan Xbox Series X kini saling berhadapan, karena keduanya akhirnya tersedia di seluruh dunia. Itu artinya Sony dan Microsoft akan bersaing untuk memenangkan hati para gamer selama lima tahun ke depan. Dari game eksklusif hingga fitur baru yang memikat, ada banyak hal yang membuat penggemar bersemangat.

Dua konsul baru yang sangat kuat, mampu bermain game 4K hingga 120 bingkai per detik, dengan dukungan pelacakan sinar serta waktu muat super cepat. Kedua konsol tersebut benar-benar inovatif dalam dirinya sendiri, dan sangat berbeda dalam hal tampilan.

Mungkin sulit untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari setiap sistem generasi baru, apalagi ada banyak info spesifikasi teknis. Ada banyak hal yang perlu dibahas, dan penting untuk mengetahui dengan pasti apa yang bisa didapatkan dengan produk seharga $ 499 / £ 449,99 / AU $ 749 (7 Juta Rupiah).

PS5 adalah mesin yang menjulang tinggi, dengan konsol terbesar yang pernah dibuat Sony. Xbox Series X, terlihat lebih mirip dengan PC gaming berkat bentuk kubusnya.

Sony juga telah berfokus untuk meningkatkan pengalaman bermain game dengan pengontrol DualSense baru, serta terus memberikan pengalaman eksklusif, sementara Microsoft mengandalkan proposisi nilai Xbox Game Pass untuk memikat orang-orang ke dalam ekosistemnya.

Kedua sistem untungnya kompatibel ke belakang, meskipun PS5 hanya mendukung judul PS4. Sementara itu, Xbox Series X dapat memainkan game dari setiap generasi Xbox seperti Xbox 360. Berikut semua hal yang perlu Anda ketahui tentang PS5 vs Xbox Series X.

XBOX SERIES X VS PS5: FAKTA UTAMA

Apakah Xbox Series X dan PlayStation 5 adalah konsol game yang menghadirkan pengalaman bermain game yang lebih ambisius dan mengesankan secara grafis daripada sebelumnya? Xbox Series X dan PS5, rilis pada 12 November di wilayah tertentu, dan 19 November untuk seluruh dunia. Xbox Series X dirilis pada 10 November 2020.

Beberapa game besar sejauh ini seperti Marvel's Spider-Man Miles Morales dan Halo Infinite (yang telah ditunda) dan masih banyak lagi, akan tiba di tahun-tahun mendatang.

PS5 VS XBOX SERIES X: HARGA DAN TANGGAL RILIS

PS5 standar Sony (dengan drive disk) akan berharga $ 499,99 / £ 449,99 / AU $ 749,95 (7 Juta Rupiah), sedangkan PlayStation 5 Digital Edition (tanpa drive disk) dijual dengan harga $ 399,99 / £ 359,99 / AU $ 599,95 (5,6 Juta Rupiah). Pre-order PS5 sangat sulit ditemukan, dan Sony telah memperingatkan bahwa kekurangan stok dapat berlanjut setelah peluncuran karena permintaan.

Kedua versi PS5 diluncurkan pada 12 November di AS, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan, dengan seluruh dunia (termasuk Inggris dan Irlandia) akan mendapatkannya pada 19 November.

XBOX SERIES X VS PS5: SPECS

Ketika berbicara tentang spesifikasi, baik Sony dan Microsoft telah mengambil pendekatan yang sama, meskipun ada beberapa perbedaan utama yang perlu diketahui.

PS5

PlayStation 5 ditenagai versi custom-built dari chipset AMD Ryzen generasi ketiga, dikemas dalam delapan core dengan arsitektur Zen 2 dan grafis Navi baru dari perusahaan. CPU bekerja pada 3.5GHz. GPU menawarkan 36 unit komputasi yang berjalan pada 2.23GHz dan menawarkan 10.28TFLOP. Bagian tersebut dipasangkan dengan GDDR6 16 GB dengan bandwidth 448 GB / dtk. Ini berarti PS5 mampu mendukung fitur seperti ray tracing - teknik pencahayaan intensif kinerja yang sebelumnya telah disediakan untuk GPU PC kelas atas yang mahal, dan yang sekarang kita tahu akan "dibangun ke dalam perangkat keras GPU" untuk PS5.

PS5 juga akan mendukung resolusi layar hingga 8K - jauh lebih tinggi dari HD 1080p standar kebanyakan televisi orang. Ini juga akan bekerja pada kecepatan refresh 120Hz, memungkinkan gerakan super mulus dalam game yang memiliki layar HDMI 2.1.

PS5 juga mendukung audio 3D yang imersif saat menggunakan headset saat bermain, yang dapat menangani ratusan sumber suara, untuk lingkungan audio yang lebih realistis.

Elemen paling menarik dari build Sony adalah komitmennya untuk menggunakan penyimpanan SSD. Solid state drive di PlayStation 5 adalah perangkat keras yang dibuat khusus, menawarkan penyimpanan hingga 825 GB dengan throughput mentah 5,5 GB / dtk (dan data terkompresi hingga 9 GB / dtk). Ini menghasilkan waktu muat yang sangat cepat saat mem-boot game, dan memungkinkan pengembang mengatasi banyak streaming dan kemacetan data di masa lalu.

Elemen menarik lainnya adalah pengontrol DualSense, yang menggunakan umpan balik haptic, menggantikan teknologi gemuruh DualShock 4, yang dapat mensimulasikan semua jenis getaran halus di tangan.  Dengan semua fitur baru ini, tidak mengherankan jika Sony telah mengonfirmasi bahwa pengontrol DualShock 4 lama tidak akan berfungsi dengan game eksklusif PS5 baru.

Xbox Series X

Di sisi lain, Microsoft telah memastikan bahwa Xbox Series X akan bekerja dengan semua pengontrol Xbox di semua gimnya. Menggunakan internal AMD khusus arsitektur Zen 2 dan RDNA 2 yang sama dari PS5, membuatnya 2x lebih bertenaga daripada Xbox One X - perangkat keras game generasi terakhir yang paling mengesankan secara teknis.

GPU Xbox Series X menawarkan kinerja komputasi 12 teraflop, dengan 3328 shader dialokasikan untuk 52 unit komputasi. Ini berjalan pada 1.825GHz yang terkunci, dan tidak seperti kebanyakan GPU, tidak berfluktuasi antar kecepatan. Sebaliknya, ini memberikan kecepatan clock yang sama terlepas dari suhu unit atau game.

Prosesornya adalah CPU AMD Zen 2 yang disesuaikan, dengan delapan inti dan 16 utas. Xbox Series X mendukung resolusi 8K, dan kecepatan refresh 120Hz pada 4K, yang mendukung HDMI 2.1. Xbox Series X. Selain itu juga cocok dengan PS5 yang menawarkan kemampuan pelacakan sinar DirectX, dan dilengkapi dengan SSD NVMe internal 1TB super cepat (yang dapat diperluas dengan kartu NVMe yang sesuai), dan dapat digunakan sebagai RAM virtual untuk mengangkat beban, kali hingga 40x.

RAM standar akan menjadi variasi GDDR6, dengan Xbox Series X termasuk 16GB - peningkatan yang menyenangkan dari GDDR5 12GB Xbox One X. Spesifikasi ini menunjukkan sedikit keunggulan Xbox Series X daripada PS5 dalam hal kinerja mentah, tetapi sejauh ini kesenjangan dalam kinerja dunia nyata tidak dapat dibedakan.

Microsoft belajar dari masa lalu di Xbox Series X, dengan fitur-fitur berpikiran maju seperti Auto Low Latency Mode (ALLM), peningkatan komunikasi ke pengontrol Xbox, dan dukungan Variable Refresh Rate (VRR) yang memanfaatkan TV. dengan dukungan HDMI 2.1. Pengguna juga apat mengatur resolusi ke 1440p jika Anda bermain game di monitor.

Xbox Series X juga memiliki beberapa fitur baru yang bagus seperti Smart Delivery, yang akan meningkatkan game ke "versi terbaik".  Xbox baru Microsoft juga memiliki fitur yang disebut Quick Resume. Ini memungkinkan pengguna menangguhkan beberapa game sekaligus, sehingga dapat mulai memainkan sesuatu yang lain dan melanjutkan permainan.

Xbox Series X bukan satu-satunya konsol generasi berikutnya dari Microsoft. Xbox Series S khusus digital adalah alternatif yang lebih terjangkau meskipun kurang kuat dengan biaya $ 299 / £ 249 / AU $ 499 (4,2 Juta Rupiah

XBOX SERIES X VS PS5: GAMES

Berikut gambaran pengalaman menggunakan Xbox Series X vs PS5. Microsoft mengonfirmasi bahwa Halo Infinite alias Halo 6 tidak lagi menjadi judul peluncuran untuk Xbox Series X. Waralaba Halo adalah penjual besar untuk Microsoft, jadi penundaannya akan dipertimbangkan untuk waktu yang lama.

Saat peluncuran, Xbox Series X akan menawarkan game seperti Dirt 5, Yakuza: Likea Dragon, dan Assassin's Creed Valhalla bertema Viking. Lebih jauh lagi, ada judul seperti Vampire: the Masquerade - Bloodlines 2 dan The Medium.

Bahkan baru-baru ini Microsoft mengumumkan akuisisi ZeniMax Media, perusahaan induk Bethesda. Itu berarti bahwa game seperti The Elder Scrolls 6 dan Starfield dapat menjadi eksklusif Xbox dan banyak game dari studio ZeniMax akan hadir di Xbox Game Pass dalam waktu dekat, dimulai dengan Doom Eternal.

Adapun game PS5, di antara game peluncurannya adalah Astro's Playroom yang sudah diinstal sebelumnya di setiap konsol, serta game eksklusif yang menarik seperti Marvel's Spider-Man: Miles Morales dan Demon's Souls.

Lebih jauh lagi, nantikan game Ratchet & Clank baru, Horizon: Forbidden West, dan Gran Turismo 7. Final Fantasy 16 sekarang dikonfirmasi menjadi eksklusif PS5, dengan game God of War baru, yang kami harapkan disebut God of War 2: Ragnarok, juga dikonfirmasi.

Agak berbeda dengan inklusivitas lintas gen Microsoft, Sony juga telah menekankan bahwa mereka masih percaya pada generasi dan menekankan pentingnya eksklusivitas generasi berikutnya dalam memaksimalkan kemampuan PS5. Namun, dalam putaran balik yang agak tajam, beberapa eksklusif PS5 seperti Spider-Man Miles Morales dan Horizon Forbidden West juga akan tersedia di PS4.

Tetapi layanan streaming Project xCloud Microsoft sudah keluar sekarang, dan disertakan secara gratis dengan langganan Xbox Game Pass Ultimate. Ini memungkinkan pemilik Xbox untuk memainkan game Xbox Game Pass di perangkat seluler Android. EA Play juga akan hadir di Xbox Game Pass Ultimate, yang membuat kesepakatan itu semakin manis dari sebelumnya.

XBOX SERIES X VS PS5: PERBANDINGAN HARGA

Harga Xbox Series X dan harga PS5 identik. Konsol Xbox Series X berbasis cakram Microsoft dijual seharga $ 499 / £ 449 / AU $ 749 (7 Juta Rupiah), sedangkan PS5 standar juga $ 499 / £ 449 / AU $ 749 (7 Juta Rupiah). Itu membuat pre-order Xbox Series X atau pre-order PS5 bundel menjadi pilihan yang sulit.

PS5 dan Xbox Series X keduanya adalah perangkat yang fantastis, tetapi saat ini, pengontrol PlayStation 5 juga luar biasa. Antarmuka pengguna yang menyenangkan dan segar, dan jalur peluncuran yang lebih kuat. Kesamaan antara kedua konsol ini sangat mencolok, tetapi keduanya cukup unik.

Dari sudut pandang desain, kedua konsol ini sangat berbeda. Keduanya tidak bersuara dalam pengoperasiannya, dan sangat bertenaga, tetapi PS5 berukuran besar. Xbox Series X lebih kecil, tetapi bentuknya yang kotak tidak akan disukai oleh semua orang, terutama jika konsol diletakkan secara horizontal.

Komitmen bersama Sony dan Microsoft terhadap teknologi SSD membuat game memuat lebih cepat dari sebelumnya, dengan waktu boot sering kali hanya dalam hitungan detik, bukan menit. Kedua konsol juga menawarkan dukungan kompatibilitas mundur yang fantastis, meskipun komitmen Microsoft menjangkau lebih jauh, terutama dalam hal aksesori.

Konsol mana pun yang dipilih, ingatlah bahwa generasinya baru saja dimulai. Jadi masih banyak lagi keseruan yang bisa didapat di tahun-tahun mendatang dan persaingan kemungkinan besar akan sengit. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
ps5 vs xbox series x,
#
review ps5,
#
review xbox series x,
#
ps5,
#
xbox series x