MENU
icon label
image label
blacklogo

Praktis Video Call dengan Integrasi Google Meet dan Gmail

JUL 24, 2020@16:30 WIB | 209 Views

Kabar baik bagi Anda yang aktif bekerja dari rumah, karena kini Google Meet dapat terintegrasi dengan Gmail Anda. Ini adalah langkah strategis oleh Google untuk memudahkan pengguna bertemu dengan orang lain lewat panggilan video.

Perusahaan baru saja memperkenalkan integrasi Google Meet ke aplikasi Gmail Android. Fitur tersebut memungkinkan Anda beralih dari kotak masuk ke panggilan video berikutnya dengan cepat dan mudah, diklaim jauh lebih cepat dari video meeting populer, Zoom. Kemudahan akses yang ditawarkan juga memberi Google Meet kesempatan merebut pengguna platform lainnya seperti Skype dan Microsoft.

Jutaan orang di seluruh dunia yang menggunakan Gmail, secara otomatis akan mendapat akses untuk fitur panggilan Google Meet. Fitur ini telah dikembangkan untuk beberapa waktu dan Google tengah bersiap untuk peluncuran, yang dilaporkan berlangsung dalam dua pekan ke depan. Jadi, tak perlu kuatir apabila fitur ini belum tersedia di aplikasi Gmail Android Anda.

Kabar penggabungan aplikasi Gmail / Google Meet pertama kali terdengar pada Juni 2020. Pengguna aplikasi web kemungkinan telah memperhatikan tab baru sejak pembaruan Gmail yang berlangsung Mei lalu. Dengan diperkenalkannya fitur ini, semua orang berbasis Android dapat memanfaatkan integrasi ini, menjadikannya lebih nyaman bagi pengguna tanpa akses desktop atau laptop.

Apabila Anda belum melihat perubahan apapun di Gmail Anda, perlu diketahui bahwa perubahan akan tampak dengan adanya tab baru di bagian bawah aplikasi gmail. Sehingga memungkinkan Anda untuk bergabung atau membuat panggilan video. Fitur ini juga menyediakan setiap panggilan video yang telah dijadwalkan di hari itu, sehingga membantu Anda mengatur waktu dengan baik. Selain itu, bila tidak ingin tab panggilan video memenuhi seluruh layar, silakan ke menu Pengaturan untuk split screen.

Ini akan jadi keuntungan besar bagi pengguna G Suite, layanan bisnis yang berfokus pada bisnis yang memungkinkan panggilan dengan suara tak terbatas. Pengguna akun pribadi juga dapat menggunakan Meet, karena Google membuat layanan tersedia untuk pengguna non-perusahaan mulai beberapa bulan lalu.

Namun, Google Meet akan memberlakukan aturan baru mulai 30 September. Untuk panggilan dari pengguna akun pribadi, Anda hanya dapat menggunakan panggilan video berdurasi maksimal 1 jam.

Sejalan dengan maraknya penggunaan panggilan video, Google juga mengembangkan fitur keamanan untuk para pengguna G Suite, Gmail, Google Meet dan Chat. “BIMI (Brand Indicator for Message Identification) akan membantu organisasi mengautentikasi email mereka menggunakan sistem otentikasi, pelaporan, dan kesesuaian pesan berbasis domain (DMARC),” tulis Google terkait sistem keamanan Gmail pada Selasa (21/7).

Tampaknya, tak perlu terlalu kuatir perihal kebocoran data Anda mengingat Google mengembangkan fitur keamanan yang memagari Anda dan data yang dimiliki. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
fitur video call,
#
google meet,
#
gmail,
#
zoom