MENU
icon label
image label
blacklogo

Petualangan Menyusuri Jalan Kenangan Dengan Gadget Vintage

OCT 13, 2020@16:00 WIB | 82 Views

Berapa banyak dari perangkat berteknologi vintage alias kuno berikut ini yang pernah Anda miliki? Masih ingatkah Anda, gameboy, komputer, atau bahkan iPhone pertama Anda? Beberapa dekade yang lalu, gizmos sempat dianggap sebagai benda yang mewah karena memiliki desain futuristik. Namun seiring perkembangan teknologi yang sangat cepat menjadinya sebagai produk usang.

Akan tetapi, walau bagaimanapun tetap menyenangkan jika kita melihatnya secara berbeda. Gadget vintage ini misalnya, sebagai gadget kuno yang menawan dapat membangkitkan nostalgia dan bisa dijadikan barang kolektor. Inilah daftar gadget vintage dari tahun 1980-an hingga 2000-an, di mana Anda masih dapat membeli beberapa di antaranya.

Apple Macintosh

Komputer futuristik Steve Jobs dan Steve Wozniak tahun '84 ini merupakan Macintosh alias The Mac-128K. Perangkat ini penerus Apple Lisa yang terkenal, tetapi dengan lebih banyak kekompakan dan perluasan yang lebih tinggi. Apa yang oleh kebanyakan orang disebut iMac hari ini, berakar pada kotak antik ini. Dengan masa pemerintahan lebih dari 35 tahun, Macintosh kini telah berubah menjadi karya kolektor, lambang memorabilia Steve Jobs. Hampir tidak mungkin menemukan yang berfungsi penuh. Lelang Amerika akan menjadi tempat terbaik untuk dilihat sejak distribusi awal dimulai di sana.

Atari 2600

Kami penggemar item ini khususnya di daftar gadget vintage ini. Atari 2600 (atau Atari Video Computer System atau Atari VCS sebelum November 1982) adalah konsol permainan video rumahan dari Atari, Inc. Dirilis pada 11 September 1977, ia dikreditkan dengan mempopulerkan penggunaan perangkat keras dan permainan berbasis mikroprosesor yang terdapat pada Kartrid ROM. Menjadi konsol game retro klasik bersama Nintendo, Atari sangat mirip dengan kakek game. Dulu di tahun 70-an dan 80-an, game arcade adalah pelarian setiap anak dari kenyataan, dan Atari membawa pengalaman itu. Tidak heran jika penjualannya sangat tinggi. Versi paling populer dari konsol Atari termasuk 5200 dan 7800.

Pemutar Rekaman Victrola

The Victrola Record Player, salah satu pemain rekaman jarum abadi dan jukebox yang merupakan bagian dari sebagian besar ruang keluarga tahun 1980-an. Menjadi barang wajib bagi rumah tangga tahun 1920-an, Victrola secara progresif mereproduksi model pawang vintage yang direproduksi eceran. Dikenal 'Victrola Talking Machines', mereka hadir dalam berbagai bentuk pemutar musik seperti jukebox, pemutar rekaman, gramofon, dan pemutar vinil, masing-masing mewakili generasi berbeda.

JVC Videomovie Camcorder

Diluncurkan pada tahun yang sama dengan Macintosh, ini dianggap sebagai Nikon Canon D850 pada masanya. Meskipun pada dasarnya ini adalah lensa rumah tangga yang digunakan untuk merekam saat-saat menyenangkan, namun juga memiliki kegunaan komersial kecil-kecilan. Ini menggunakan baterai 1400- mAh dan 1000-mAh, yang terdengar kecil dibandingkan dengan versi saat ini. Jika Anda merasa nostalgia, Anda mungkin masih bisa menemukannya di eBay.

Playstation 2

Landasan lain dari game modern, instalasi kedua yang ikonik dari liga Playstation Sony terjual $ 250 juta (3,6 Milyar Rupiah) pada kuartal debutnya. Ini telah memiliki dua penerus sampai saat ini, PS3 dan PS4, yang juga merupakan salah satu konsol game terlaris. Menggunakan 'Dual Analog Shock', CD, pen drive dan HDMI reader, perangkat hadir dalam versi standar dan versi ramping. Produksi saat ini terhenti untuk teknologi permainan yang memecahkan rekor ini, tetapi Anda masih bisa mendapatkannya.

Nokia Communicator 9500i

Salah satu gadget vintage paling keren sepanjang masa dan sistem operasi Symbian pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004 dengan Nokia Communicator. Pada masa jayanya, ponsel dikatakan cukup kuat untuk menggantikan laptop kelas bawah. Dengan layar ganda, Wifi, GPRS, dan dukungan EDGE, perangkat ini jauh lebih berguna daripada yang terlihat, dan dengan kekokohan perangkat keras Nokia yang terkenal, jauh lebih tangguh juga. Dengan baterai 970 mAh dan layar lipat 640 × 200, itu juga digunakan sebagai smartphone peretas dalam 'Live Free or Die Hard' Bruce Willis.

BlackBerry Bold 9000

Model yang membuat Blackberry menjadi merek seperti sekarang ini, diluncurkan pada Mei 2008. Model 9000 menonjol karena lekuknya yang bersih dan layar 480 x 320 yang besar dengan keypad Qwerty. Bersamaan dengan ini, navigator bola rol dinamis menjadikannya satu-satunya Blackberry yang pernah memiliki fitur ini. Ponsel pebisnis klasik ini kemudian menjadi smartphone paling ikonik tahun 2000-an dan 2010 dengan dominasi pasar yang lengkap pada masanya. Jika Anda beruntung, pengecer standar mungkin masih memiliki satu atau dua bagian tersisa.

Apple iPhone

“Apple menciptakan kembali smartphone,” kata Steve Jobs pada tahun 2007, saat meluncurkan iPhone pertama, yang merupakan perangkat yang dapat menjalankan fungsi iPod, ponsel, dan komputer, semuanya dalam satu. Pencapaian terbesar Apple pada era itu, iPhone sekarang dijual 10x harga eceran aslinya, menjadikannya simbol fandom Apple.

Nikon Cool Pix 995

Dengan cara Nikon biasa, 995 diumumkan secara global pada tahun 2001. Tampilannya akrab jika tidak sedikit dibenahi, meskipun yang paling signifikan adalah peningkatan resolusi menjadi 3,34 megapiksel (2048 x 1536), dan penambahan beberapa fitur baru yang rapi termasuk genggaman tangan yang lebih baik. Mungkin ini adalah kamera digital yang paling ditunggu-tunggu tahun 2000. Tentu karena 995 bekerja dengan menggunakan film daripada kemampuan digital lengkap.

Amazon Kindle

Sebelum semua memiliki tablet, Amazon Kindle adalah salah satu gadget paling diminati. Nyaris tiap hari perusahaan memperkenalkan cara baru mengalami tradisi kuno. Kindle adalah pertanda pasar e-reader. Lima tahun kemudian, setelah banyak iterasi dan peningkatan, Amazon berada di puncak permainan dengan Kindle Paperwhite sebagai permata puncaknya. Jauh sebelum itu, Kindle pertama Amazon adalah bagian besar yang mengingatkan pada mesin tik besar. [eli/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
gadget vintage,
#
gadget kuno,
#
gameboy,
#
iphone,
#
gadget pertama