MENU
icon label
image label
blacklogo

Pengguna iPhone Keluhkan Baterai Boros saat Update iOS 13, Berikut cara mengatasinya!

OCT 29, 2019@11:51 WIB | 138 Views

Apple merilis iOS 13 pada bulan lalu. Namun, tidak semua orang senang dengan dampak dari pembaruan software tersebut. Terlepas dari peningkatan dan fitur baru, sejumlah pengguna mengeluhkan OS baru itu membuat baterai lebih cepat terkuras. Mengutip laporan dari beberapa media online, beberapa keluhan pengguna diunggah di sejumlah forum online. iOS 13 saat ini sudah dirilis untuk iPhone yang kompatibel di seluruh dunia. iPhone 11 salah satu yang meluncur dengan OS baru tersebut.

iPhone 11 sendiri dilaporkan mendapatkan respons positif di pasar global. Menurut laporan, Apple akan meningkatkan produksi varian smartphone terbarunya itu. Menurut laporan baru dari analis perusahaan riset Rosenblatt Securities, Jun Zhang, penjualan iPhone 11 sudah melampaui 12 juta unit hanya dalam waktu satu bulan setelah peluncurannya. Jumlah tersebut dinilai cukup mengesankan. Dilansir GSM Arena, Zhang mengatakan, Apple sedang bersiap meningkatkan produk iPhone 11. Produksinya akan ditambah 1,6 juta unit. Lantaran ditemukan permasalahan itu membuat Apple harus merilis update iOS 13.1 lebih cepat disusul pembaruan iOS 13.1.1 dan iOS 13.1.2. Berikut cara mengatasi bug di iOS 13.

1. Keyboard Pihak Ketiga

Keyboard buatan pihak ketiga didesain untuk meminta full access ke sistem operasi agar dapat berkomunikasi dengan aplikasi lain. Bug di iOS 13 adalah memberikan akses penuh pada perangkat tanpa izin pengguna. Bagi beberapa orang, hal ini adalah masalah privasi. Solusi paling mudah adalah upgrade ke iOS 13.1.1 atau bisa cek izin apa saja yang diberikan ke keyboard buatan pihak ketiga itu dengan cara masuk ke Settings > General > Keyboard > Keyboards.

2. Apple Mail

Apple Mail di iOS 13 dilaporkan gagal mengirim pesan, gagal membuka pesan konsep setelah aplikasi diluncurkan, gagal memuat email dan akun surat pihak ketiga, notifikasi email tidak muncul, gagal mengizinkan akun baru dibuat, pengiriman tidak berfungsi, dan sebagainya. Pengguna dapat memeriksa ke App Store, apakah pembaruan Apple Mail sudah tersedia atau belum. Jika tersedia, segera lakukan update. Jika notifikasi tidak berjalan, buka Settings > Mail > Notifications > Allow Notification. Bila tidak bisa menambah akun baru di Mail, dapat men-disable restriction dengan cara buka Settings > Screen Time> Select Content & Privacy Restrictions> Allowed Apps> Mail. Jika ada masalah dengan jaringan, bisa lakukan reset network dengan cara buka Settings > General > Reset > Reset Network Settings.

3. Sinkronisasi Reminders Gagal

Reminders adalah salah satu aplikasi bawaan Apple yang telah dirombak dengan tampilan dan fitur baru. Namun, salah satu bug yang banyak dikeluhkan pengguna iOS 13 adalah gagalnya sinkronisasi Reminders. Apple mengakui bahwa aplikasi Reminders tidak dapat disinkronkan dengan optimal, kecuali semua perangkat menggunakan perangkat lunak baru, termasuk Mac OS (Catalina). Namun, sampai saat ini Mac OS Catalina masih dalam versi beta. Solusinya adalah menunda upgrade aplikasi Reminders hingga bug dapat diperbaiki.

4. Baterai Boros

Salah satu keluhan pengguna iPhone yang telah upgrade ke iOS 13 adalah baterai menjadi boros. Ini sebenarnya hal normal usai update sistem operasi baru. Sebab, sistem operasi baru melakukan integrasi dengan aplikasi terinstal dan melakukan index di Spotlight, Photos, serta iCloud. Solusi yang dapat dilakukan adalah melakukan reboot atau restart perangkat. Cek pula apakah sudah tersedia update terbaru untuk memperbaiki masalah ini dengan membuka Settings > General > Software Update. Pengguna juga dapat memantau kondisi kesehatan baterai dengan cara membuka Settings > Battery > Battery Health. Selain itu, pengguna juga dapat menonaktifkan fitur Background App Refresh melalui Settings > General > Background App Refresh kemudian pilih toggle off.[ech/hsn/timBX]

Tags :

#
apple,
#
ios 13,
#
pembaruan software