MENU
icon label
image label
blacklogo

Penasaran Seberapa Tangguh Baterai iPhone 12? Simak Ulasan Berikut

OCT 31, 2020@14:00 WIB | 228 Views

Apple memang tak pernah kehabisan topik untuk dibahas, terutama yang terhangat adalah tentang jajaran ponsel terbarunya, iPhone 12. Mulai dari peningkatan perangkat keras, perangkat lunak, kamera dan bahkan dampak lingkungan yang membuat perusahaan memilih komponen dengan bijak, hingga absennya aksesori.

Namun, satu hal yang secara mencolok hilang dari pengumuman tersebut adalah mengenai masa pakai baterai. Berbagai pembongkaran telah mengungkapkan baterai yang lebih kecil di iPhone baru dibandingkan iPhone 11, dengan kapasitas 2.815 mAh. Maka pertanyaannya adalah apakah seburuk itu?

Dalam ulasan iPhone 12 Pro, ponsel ini dapat bertahan satu setengah hari bagi pengguna moderat, dengan sekali pengisian daya. Akan tetapi, hasil dari pengujian yang dibagikan dalam YouTube Mrwhosetheboss menunjukkan hal berbeda.

Menurutnya, iPhone 12 Pro meskipun dipasarkan dengan harga yang lebih mahal, ternyata memiliki daya baterai lebih lemah bila dibandingkan iPhone 12. Dari pengujian tersebut, iPhone 12 Pro mati setelah digunakan 6 jam 35 menit, sementara iPhone 12 setelah 6 jam 41 menit. Diklaim oleh Mrwhosetheboss, ini karena iPhone 12 tidak memiliki dukungan 5G. Jadi dapat dibayangkan, bahwa adanya konektivitas 5G akan membutuhkan daya baterai yang lebih banyak.

Untuk memastikan pengujian ini dilakukan seadil mungkin, Mrwhosetheboss memastikan bahwa tingkat kecerahanan iPhone berada pada level yang sama dengan semuanya memiliki kesehatan baterai 100 persen.

Akan tetapi, PhoneArena yang juga melakukan tes baterai iPhone 12, datang dengan hasil yang lebih baik. iPhone 12 berada di puncak daya tahan baterai dengan 12 jam 33 menit, disusul oleh iPhone 12 Pro dengan 12 jam 35 menit. Setidaknya, dua pengujian ini satu suara bahwa iPhone 12 memang memiliki baterai yang lebih baik.

Beralih ke ponsel Apple generasi sebelumnya, iPhone 11 memiliki masa pakai baterai 11 jam 26 menit sedangkan iPhone 12 Pro memiliki baterai tergolog payah dengan masa pakai 8 jam 41 menit. Adapun iPhone SE yang dirilis beberapa bulan lalu, datang dengan masa pakai baterai 9 jam 5 menit. Cukup memuaskan bukan?

Tak hanya untuk Apple, Phone Arena juga melakukan tes baterai untuk Samsung Galaxy S20 dan Galaxy S20 FE yang menjadi rival sejati iPhone 12. Dari pengujian itu, Galaxy S20 bertahan selama 12 jam 12 menit, sedangkan S20 FE dengan 12 jam 28 menit. Itu artinya, daya baterai koleksi terbaru iPhone 12 lebih baik dari Samsung.

Meskipun ada faktor lain yang dapat berkontribusi pada masa pakai baterai secara keseluruhan, cukup untuk mengatakan bahwa iPhone 12 memiliki baterai yang lebih baik daripada model tahun sebelumnya. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
iphone 12,
#
apple,
#
baterai iphone 12