MENU
icon label
image label
blacklogo

OnePlus 8 Pro Hadir dengan Kamera Tembus Pandang

MAY 19, 2020@11:00 WIB | 129 Views

OnePlus 8 Pro meluncer dengan tambahan pengaturan quad-camera belakang dengan lensa keempat yang berfungsi sebagai kamera filter warna tersembunyi nan unik alias kamera tembuh pandang. Perusahaan menjadikannya sebagai ponsel andalan saat ini. Di mana OnePlus 8 selama ini disebut-sebut sebagai salah satu perangkat paling premium dengan spesifikasi terkini dan kameranya yang canggih.

Perangkat ini memiliki sejumlah kemampuan tersembunyi, yakni mampu menembus lapisan plastik ketika filter warna diaktifkan. Perangkat ini juga memiliki kedalaman sensor atau lensa makro pengisi slot keempat. OnePlus ingin menjadi yang terbaik bagi penggunanya yang dibuktikan dengan filter warna 5MP yang menambahkan filter mewah dan memberikan perspektif baru pada gambar yang dihasilkan.

Para pengguna di Reddit mengaku dapat pengalaman baru saat menggunakan kamera tembus pandang OnePlus 8 Pro. Hasilnya membuat Anda bak pesulap. Bagaimana tidak, saat kamera filter warna digunakan untuk memotret benda berbahan plastik tipis—yang secara kasat mata objeknya hanya nampak bagian luarnya—objek di dalam benda tersebut dapat tertangkap kamera dengan jelas. Wajar bukan, jika kita sebut nyaris seperti Sinar-X.

Sekadar untuk diketahui, kamera filter warna OnePlus 8 Pro ini tidak serta merta mampu menangkap seluruh materi dari objek. Pengalaman pengguna lain menyebutkan bahwa dirinya berhasil menggunakan kamera tembus pandang tersebut memotret isi remote control TV, keyboard komputer, speaker, dan benda serupa yang memiliki eksterior plastik tipis. Jika permukaan luarnya tebal atau terbuat dari bahan yang lebih padat seperti logam, kamera tidak dapat melihatnya. Pengguna lain berbagi pengalaman, kamera OnePlus 8 Pro mampu melihat bagian dalam bodi Apple TV. Bahkan, kamera OnePlus 8 Pro dapat melihat dalaman Nintendo Switch Pro Controller. Hasil pengujian menunjukkan, filter warna melalui kamera hanya dapat melihat melalui plastik yang tidak memiliki bentuk pelindung inframerah.

Hal tersebut terjadi lantaran cara kerja kamera berkait-kelindan dengan teori cahaya. Di mana cahaya sebagai bentuk radiasi yang muncul di berbagai panjang gelombang dan frekuensi terdapat cahaya tampak, Infra Merah, Ultraviolet, dan Sinar-X.

Sejarahnya, pada tahun 1998, Sony sempat harus menarik kembali salah satu camcorder-nya karena filter IR yang dipasang memungkinkan pengguna melihat melalui kain dan pakaian yang hal tersebut ternyata merupakan bencana tersendiri. Kini, tahun 2020, dengan prinsip yang sama, sepertinya kamera filter warna OnePlus 8 Pro menggunakan filter IR untuk menghasilkan efek funky dan dalam prosesnya, mematuhi aturan sains dan membiarkan pengguna melihat benda-benda tertentu. Terbukti, suatu malam Bulan Mei 2020, tim AndoirPIT menerima kiriman gambar dengan selembar kertas dengan huruf-huruf tidak mencolok. Selembar kertas menghiasi kulit telanjangnya - yang sebenarnya mengenakan t-shirt seperti nampak pada gambar.

Cara Kerja Kamera OnePlus 8 Pro

Sebab IR memiliki spektrum terpisah dari cahaya tampak, IR menjadi tidak nampak secara kasat mata. Kendati demikian, kamera ponsel pintar umumnya berkemampuan melihat cahaya IR. Ini adalah alasan di balik fakta ketika Anda mengarahkan kamera ke pemancar IR pengendali jarak jauh TV dan menekan tombol pada kendali jarak jauh, Anda dapat melihat LED IR menyala di jendela bidik kamera. Namun, itu tidak cukup sensitif ke titik di mana ia dapat melihat sinar IR diserap oleh suatu objek.

Ketika cahaya IR jatuh pada benda, benda itu dapat menembusnya tergantung pada seberapa padat bahannya. Sinar-X, misalnya, dapat menembus kulit dan otot manusia karena tidak padat. Namun, itu tidak dapat menembus tulang manusia karena mengandung kalsium yang jauh lebih padat. Demikian pula, IR dapat menembus plastik eksterior pada remote kontrol, tetapi tidak pada jeroan logam.

Mengingat kamera penyaring warna dapat melihat melalui plastik, ada kemungkinan besar ia dapat melihat melalui beberapa jenis kain yang kemudian menempatkannya di bagian yang sensitif. AndroidPit tampaknya telah mencoba dan hasilnya cukup mengerikan. Ada yang mampu melihat melalui kaos hitam yang membuat kami percaya bahwa kamera penyaring warna memang bisa melihat melalui beberapa jenis pakaian.

Sensitivitas sensor bukanlah hal yang dapat diubah yang menjadikan OnePlus satu-satunya pilihan untuk menonaktifkan seluruh sensor yang membuat kamera keempat tak berguna sepenuhnya. Kami harus menunggu pernyataan resmi OnePlus mengenai hal ini untuk menegaskan apakah ada perbaikan potensial yang belum kita ketahui. Di mana hingga kini, OnePlus belum memaparkan fitur andalan OnePlus 8 Pro yang sebenarnya. Bahkan, soal fitur ini pun, OnePlus pun belum berkomentar lebih jauh.

Benarkah, OnePlus 8 pemindai gambar “telanjang”? Tidak mungkin, jangan khawatir. Tetapi beberapa bahan menjadi hampir transparan ketika pengguna smartphone menerapkan filter warna pada kamera. Alasannya, sensor kamera OnePlus 8 Pro sensitif terhadap cahaya inframerah.

Seorang pakar fotografi, Stefan Möllenhoff menjelaskan alasannya: "Kamera normal memiliki filter IR yang menghalangi cahaya di luar spektrum yang terlihat. Namun, beberapa kamera memungkinkan sejumlah kecil cahaya inframerah. Anda mungkin pernah melihat ini sebelumnya ketika Anda mengarahkan remote control ke kamera dan melihat bagaimana cahaya muncul ketika Anda menekan tombol pada kendali jarak jauh. Alasan untuk filter IR ini pada sensor adalah bahwa sinar inframerah akan mengganggu hasil akhir dan mempengaruhi kualitas gambar."

Ada komunitas besar berhasil menghilangkan filter IR dari sensor DSLR yang dinonaktifkan. Hasilnya, kamera yang menangkap gambar IR spektakuler. OnePlus 8 Pro dapat melakukan hal itu tanpa operasi rumit pada smartphone. Kamera OnePlus 8 Pro dapat menangkap lampu LED inframerah dan banyak lagi yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang. Filter warna yang dimaksud adalah Photocrom yang dapat ditemukan di aplikasi kamera bawaan OnePlus. Meskipun ini bukan fitur yang luar biasa, namun masih cukup mengesankan bagi ponsel bisa memiliki preudo X-ray Vision. Kemampuan ini mungkin tidak eksklusif hanya untuk OnePlus 8 Pro karena tidak sedikit smartphone yang memiliki sensor serupa dengan bantuan teknologi IR seperti seri Pixel 4 dan iPhone 11.

Mengenai spesifikasi kamera OnePlus 8 Pro, terdata empat kamera belakang yang terdiri dari 48MP untuk kamera utamanya dengan sensor IMX689 aperture f/1.8 (OIS+EIS), 48MP wide-angle 120 derajat dengan sensor IMX586 aperture f/2.2, 8MP telefoto dengan 3x optical zoom dan 30x digital zoom (OIS), dan 5MP sensor filter warna yang akan membantu rendering berbagai efek warna. Selain itu ada laser AF dan dual LED flash.

Konfigurasi kamera ini dapat merekam video 4K pada 60fps menggunakan fitur Single Shot 3-HDR baru, yang mampu menangkap tiga eksposur sekaligus, sangat meningkatkan jangkauan dinamis. Sedangkan untuk kamera depan, OnePlus 8 Pro punya kamera selfie 16MP. [asl/timBX]

Tags :

#
oneplus 8 pro,
#
kamera tembus pandang,
#
filter warna tersembunyi