MENU
icon label
image label
blacklogo

Nostalgia Dengan Nintendo Handheld Berikut (Part 1)

MAY 20, 2020@11:23 WIB | 130 Views

Siapa pun ketika hanya berdiam di rumah saja, apalagi saat masa karantina seperti sekarang ini, harus mencari kegiatan agar tidak bosan. Barangkali bagi BlackPals semua, mencari kesenangan dengan bermain game, mungkin bisa mengusir kebosanan. Banyak jenis konsol permainan yang saat ini dijual seperti Playstation, XBox atau Nintendo terkenal dengan permainan yag dihadirkan. Nah, mungkin sekelas Playstation atau Xbox memiliki konsol yang kegedean sehingga sulit bisa dibawa kemana-mana.

Nintendo, dengan model konsol Handheld, sepertinya menarik untuk dimainkan dimana pun. Nah, Handheld Nintendo sudah hadir sejak tahun 1980-an, dengan Game and Watch yang ukurannya mini sekali pada saat itu, dengan kualitas gambar dan detail yang lumayan. Untuk mengobati rasa kangen akan konsol Nintendo handheld sejak awal kemunculan di 1980 hingga sekarang seperti berikut;

1. Game and Watch (1980)

Konsol mini ini merupakan permainan perdana yang diproduksi Nintendo untk versi tahun 1980-1991. Dirancang oleh Gunpei Yokoi, konsol ini tak hanya diperuntukkan sebagai alat permainan, namun juga jam dan alarm. Menggunakan CPU 4 bit dari Sharp SM5xx dan baterai LR4x/SR4x, konsol ini berhasil terjual hingga 43,4 juta unit di seluruh dunia. Game yang terkenal di Game and Watch ini meliputi Baloon Fight, Mickey Mouse, Mario Bros dan Donkey Kong.

2. Gameboy (1991)

Ditengah-tengah kesuksesan Game and Watch, Nintendo meluncurkan Gameboy, dengan desain yang lebih besar dan padat. Merupakan game konsol 8 bit, konsol ini merupakan generasi pertama dari Gameboy. Dirilis perdana di Jepang pada 21 April 1989, alat permainan ini juga dirancang oleh perancang Game and Watch dan beberapa tim Nintendo Entertainment seperti Satoru Okada. Gameboy memiliki layar berwarna Hijau, dan beberapa tombol plus speaker di depannya. Game menarik dan terkenal dari konsol ini adalah Tetris.

3. Virtual Boy (1995)

Konsol ini merupakan generasi awal Nintendo, dalam mengembangkan permainan dengan grafik stereoscopic 3D, yang dikembangkan Reflection Technology, yang dikembangkan di AS.Seperti menggunakan VR, pihak Nintendo ingin menciptakan ilusi ketika menggunakan alat ini. Sayangnya, hadirnya Virtual Boy tak sukses di pasaran karena masalah kesehatan, lantaran cara bermainnya yang cukup membuat leher lelah. Nintendo hanya merilis 22 permainan saja untuk konsol ini.

4. Gameboy Pocket dan Gameboy Light (1996)

Ini merupakan generasi selanjutnya dari Gameboy di tahun 1991. Dengan desain lebih kecil, sesuai dengan namanya ‘pocket’, Gameboy ini memiliki bobot ringan dengan dua baterai AAA. Pemakaian cukup lama yaitu 10 jam, dan memiliki fungsi pengisian daya DC 3volt. Yang membedakan keduan konsol ini adalah pada warna-nya, dan juga untuk tipe light, pengguna bisa bermain hingga 20 jam lamanya.

5. Gameboy Color (1998)

Disinilah pertama kalinya, Nintendo meluncurkan konsol game berwarna. Masih memiliki desain dan bentuk seperti pendahulunya, Gameboy, namun casing dan isi permainan yang membedakannya. Konsol ini menggunakan prosesor 8 bit buatan sharp, dengan layar TFT LCD. Pada awal kemunculannya, pesaing terberat GBC yaitu konsol dari Sega. Permainan yang disuguhkan pun hingga 576 permainan, yang komposisinya 70% merupakan permainan terbaru, sedangkan 30% berasal dari permainan Gameboy sebelumnya. Pokemon Gold and Silver, Pokemon Crystal dan Tetris masih mendominasi permainan menarik di GBC.

6. Gameboy Advance (2001)

Hadir sebagai penerus Gameboy Color, Gameboy Advance 32-bit diluncurkan pada tahun 2001. Desain GBA dikatakan memiliki desain yang nyaman digenggam ketika dimainkan. Kekurangannya yaitu belum adanya fitur backlit, sehingga kurang terang di layarnya ketika dimainkan. Permainan yang terkenal di GBA ini adalah Super Mario Advance, Doom, dan GT Advance Champhionship.[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
blacktech,
#
nostalgia dengan nintendo handheld berikut,
#
nintendo,
#
game and watch,
#
gameboy,
#
virtual boy,
#
gameboy color,
#
gameboy advance