MENU
icon label
image label
blacklogo

Minecraft Catatkan 100 Juta Pengguna Aktif per Bulan

SEP 17, 2019@16:25 WIB | 435 Views

Minecraft telah mencapai tonggak sejarah 112 juta pemain aktif setiap bulan, bahkan 10 tahun setelah peluncuran game kreasi kooperatif yang selalu populer tersebut. Itu adalah peningkatan 21 juta pemain bulanan aktif dari terakhir kali Microsoft melaporkan angka pada Oktober 2018. Ini juga berarti bahwa Minecraft sekali lagi memiliki lebih banyak pemain aktif daripada Roblox, yang padahal secara mengejutkan mengumumkan bahwa ia telah menyusul Minecraft pada bulan Agustus kemarin.

Ketika Minecraft diluncurkan pada 2009, itu bukan hanya sukses besar, tetapi sebuah fenomena budaya pop tersendiri. Sejak saat itu, ini agak tidak menjadi sorotan, tetapi terus membuat sejumlah besar pemain berdedikasi terlibat dan mengambil penggemar baru di sepanjang jalan. Microsoft mengakuisisi game ini pada tahun 2014 dan terus meluncurkan pembaruan sejak saat itu, bahkan memutuskan hubungan dengan pencipta kontroversial Minecraft, Notch. Sementara itu didorong keluar dari tren percakapan dengan permainan seperti Fortnite, Minecraft masih memiliki lebih banyak pemain aktif daripada game FPS yang sekarang tampaknya ada di mana-mana. Terakhir mereka melaporkan 78,3 juta pemain bulanan aktif pada Agustus 2018.

Helen Chiang, kepala studio untuk Minecraft di Microsoft, baru-baru ini mengungkapkan angka 112 juta pemain aktif dalam sebuah wawancara dengan Business Insider. Chiang menambahkan bahwa game lain mungkin mendapatkan lebih banyak perhatian dan bahkan menarik pemain menjauh dari Minecraft dari waktu ke waktu, tetapi ini adalah salah satu game yang mereka sukai untuk kembali.

Jelas, waralaba Minecraft ingin memperluas lebih dari itu juga, dengan beta dan rilis Minecraft Earth yang akan datang. Menanggapi artikel tersebut, analis industri Daniel Ahmad tweeted bahwa permainan tersebut telah terjual lebih dari 180 juta kopi secara internasional, dan versi permainan gratis yang hanya tersedia di China memiliki lebih dari 200 juta pemain terdaftar.

Pada April, Minecraft sudah termasuk dengan Xbox Game Pass, yang mungkin telah membawa masuknya pemain baru yang belum pernah ikut demam Minecraft saat pertama kali rilis, atau bahkan meyakinkan pemain yang sudah beralih untuk mencobanya lagi. Juni lalu, cross play ditambahkan di PC, Switch, Xbox, dan platform seluler, menjadikannya pilihan multipemain yang lebih menarik. Beberapa i populer juga telah berbondong-bondong kembali ke Minecraft, yang kemungkinan mendorong beberapa pengikut mereka kembali ke permainan itu juga.

Apapun alasan untuk peningkatan Minecraft baru-baru ini, sangat jarang melihat game tetap populer selama ini setelah dirilis. Sementara penampilan Minecraft yang sederhana mungkin tampak seperti sesuatu yang dilecehkan pada awalnya, ternyata itu malah menjadi poin yang menguntungkannya. Well… dengan kepopuleran yang berjalan meningkat stabil, mungkin bisa berdampak positif ketika film Minecraft yang ditunggu-tunggu akhirnya dirilis.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
minecraft,
#
microsoft,
#
minecraft earth