MENU
icon label
image label
blacklogo

Microsoft Siapkan Xbox Generasi Terbaru

JUN 10, 2019@10:04 WIB | 136 Views

Microsoft telah meletakkan sedikit teaser dalam video promosinya untuk E3 2019, yang sedikit banyak menggoda kita akan informasi mengenai konsol generasi berikut miliknya yang saat ini dikenal hanya sebagai Project Scarlett. Menjelang akhir pengarahan Xbox, rincian Proyek Scarlett terungkap bersama konfirmasi bahwa konsol tersebut akan meluncur di periode 2020 berbarengan dengan Halo Infinite. Selain konsol rumah baru, Microsoft akan memberikan akses gamer ke game Xbox melalui streaming cloud.

Phil Spencer kembali ke tahap pengarahan Xbox setelah gelombang perdana dan pembaruan untuk berbagi bagaimana Microsoft membawa game ke pemain di generasi berikutnya. Di atas konsol terbaru itu nantinya pemain akan dapat menggunakan platform Azure untuk memainkan game mereka melalui Project Xcloud. Pemain akan dapat melakukan streaming game melalui konsol mereka sendiri atau melalui salah satu pusat data Microsoft.

Meski konsumen dapat menggunakan perangkat mereka sendiri untuk streaming bukan ide baru, karena PlayStation dan Steam telah lebih dulu memiliki fitur serupa, tetapi permainan cloud melalui server Microsoft jelas merupakan respon perusahaan terhadap Google Stadia. Spencer mengatakan platform ini akan memungkinkan gamer untuk mengakses game di mana pun mereka inginkan. Sayangnya cara-cara khusus untuk mengakses Project Xcloud tidak dibahas lebih jauh.

Menindaklanjuti pengungkapan game cloud, Phil Spencer dan sekumpulan pengembang yang ditampilkan dalam montase membahas konsol Xbox generasi terbaru. Project Scarlett dari Microsoft akan ditenagai oleh prosesor khusus yang dikembangkan dalam kemitraan dengan AMD. Konsol ini juga akan menggunakan GDDR6 untuk RAM, dapat mencapai resolusi 120F dan 8K, serta mampu melacak ray generasi berikutnya. Project Scarlett menggunakan SSD yang akan berfungsi ganda sebagai penyimpanan dan RAM virtual untuk platform.

Project Scarlett saat ini menjadi konsol rumah generasi mendatang pertama yang sudah digaungkan keberadaannya, meskipun masih belum diketahui apa nama resminya nanti. Situasi ini merupakan peluang sempurna bagi Microsoft untuk menetapkan standar ekpektasi akan konsol masa depan.

Briefing kemarin mungkin bisa dikatakan sebagai salah satu briefing Xbox terkuat yang pernah dilakukan Microsoft. Apalagi rivalnya, Sony, tidak terlihat sehingga konsumen bisa merenungkan semua informasi baru tanpa banyak gangguan. Sementara itu trailer Halo Infinite yang menindaklanjuti Scarlett dan Project Xcloud tidak membagikan banyak hal tentang apa yang dapat diharapkan para pemain dari permainan tersebut.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
microsoft,
#
xbox,
#
project scarlett