MENU
icon label
image label
blacklogo

Microsoft Siap Rilis Laptop Dual Screen

JUN 18, 2019@15:45 WIB | 74 Views

Meskipun Microsoft Courier hanya ada sebagai sebuah konsep dan Microsoft mungkin telah mengesampingkan ambisinya untuk Surface Phone layar ganda yang dapat dikantongi, ambisi Microsoft untuk perangkat yang dapat dilipat atau layar ganda masih sangat hidup dan sehat. Belakangan dikabarkan bahwa mereka menemukan itu dalam suatu perangkat bernama kode Centaurus. Telah dilaporkan bahwa tim perangkat keras Surface Microsoft baru-baru ini memamerkan perangkat Surface dua layar secara internal, dan karyawan bahkan mendapat kesempatan untuk melihat perangkat tersebut menjelang peluncuran musim gugur 2019.

Centaurus dengan dua layar dikatakan lebih besar dari konsep di balik ambisi Surface Phone Microsoft, yang pada saat itu menggunakan nama kode Andromeda. Telah dilaporkan bahwa Microsoft menghentikan pekerjaan pada Andromeda karena tidak dapat menemukan kasus penggunaan yang bermakna dan unik untuk faktor bentuk gadget yang dapat dilipat atau dua layar. "Kami akan menciptakan dan membuat ketika produk tepat," kata kepala perangkat keras Surface Panos Panay dalam sebuah wawancara pada saat itu. "Kami tidak dapat membawa kategori baru ke dunia dan tidak menemukan tempat di mana pelanggan membutuhkannya".

Dengan Microsoft memamerkan Centaurus secara internal, tampaknya mereka bergerak menjauh dari faktor bentuk yang dapat dikantongi demi layar yang dapat dilipat atau laptop dua layar untuk membuat case penggunaan yang meyakinkan. Meskipun, masih belum jelas seberapa besar layar tersebut hingga setelah Centaurus diluncurkan nantinya di depan umum. Centaurus juga diyakini sebagai salah satu perangkat pertama yang menggunakan sistem operasi Windows Lite, juga dikenal sebagai OS Windows Core. Windows Lite diyakini dirancang berdasarkan pengalaman dua layar untuk membantu Microsoft bersaing dengan Google Chrome OS.

Diduga sejalan dengan Centaurus, mitra Microsoft, Intel, juga bekerja pada inisiatif untuk menghadirkan perangkat layar ganda ke pasar. Perusahan tersebut meletakkan dasar untuk perangkat layar ganda dengan konsep menarik yang dapat diadopsi dan diadaptasi oleh mitra OEM untuk produk spesifik mereka. Selain itu, dalam mengumumkan informasi lebih lanjut tentang Project Athena di Computex, Intel berharap bahwa pekerjaannya untuk memberikan kinerja yang konsisten dan dapat diandalkan dalam faktor bentuk yang tipis dan ringan dengan masa pakai baterai yang efisien akan membuka jalan bagi faktor bentuk layar ganda dan lipat di masa mendatang.

The Verge berspekulasi bahwa Intel dan Microsoft mungkin bekerja sangat erat pada inisiatif layar ganda, meskipun masih harus dilihat apakah Centaurus akan disertifikasi untuk spesifikasi ketat Proyek Athena. Di sisi lain, mitra seperti AMD, Dell, HP, dan Lenovo juga telah memamerkan perangkat layar ganda mereka di masa lalu atau dikabarkan berencana untuk memulai perangkat komputasi layar ganda mereka sendiri.

Spesifik tentang Centaurus belum diketahui, dan masih belum jelas apakah Microsoft akan menyalakan lampu hijau perangkat ini untuk diluncurkan. Meski demikian menurut rumor yang beredar Microsoft kemungkinan tercepat akan merilis perangkat barunya itu pada September nanti.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
microsoft,
#
microsoft centaurus,
#
windows lite,
#
surface phone