MENU
icon label
image label
blacklogo

Microsoft Siap Ramaikan Industri Blockchain Service

MAY 04, 2019@10:30 WIB | 104 Views

Raksasa teknologi Microsoft tampaknya memasuki bisnis blockchain. Namun jangan khawatir, ini bukan tentang meluncurkan 1 koin virtual pesaing Bitcoin lagi. Tetapi mereka memulai perluasan platform cloud Azure-nya untuk memasukkan Azure Blockchain Service, sebuah fondasi baru untuk platform blockchain yang dikembangkan buat bisnis yang dapat membantu meningkatkan kepercayaan di seluruh organisasi. Yang pertama mendaftar ke layanan baru ini adalah J.P. Morgan yang memakai Quorum, platform pintar yang dibangun di atas protokol Ethereum.

Teknologi Blockchain paling terkenal sebagai tulang punggung cryptocurrency seperti Bitcoin. Tetapi selama bertahun-tahun belakangan, teknologi tersebut telah melihat berbagai kegunaan di luar ceruk itu. Kemampuannya untuk memberikan kepercayaan antara organisasi dan individu dalam ruang digital telah membuatnya berguna untuk mesin pemungutan suara, mengatur catatan medis, dan menangani izin di perusahaan-perusahaan besar. Layanan Azure Blockchain Microsoft dirancang untuk memperluas potensi teknologi ke dalam lingkup baru bisnis yang terhubung cloud.

Karena blockchain kadang-kadang agak sulit untuk dipahami - terutama ketika menyangkut penggunaan spesifik di luar abstrak - layanan baru Microsoft sepenuhnya dikelola untuk membantu menyederhanakan pembuatan dan pengelolaan layanan dan jaringan blockchain. Perusahaan milik Bill Gates ini telah membuatnya sesederhana mungkin sehingga menyiapkan buku besar yang didistribusikan semudah beberapa klik. Ada juga fitur manajemen yang mudah dipahami yang membantu menambah anggota baru atau menetapkan izin bagi siapa saja yang menggunakan layanan ini.

Layanan Microsoft Azure Blockchain juga mencakup fungsionalitas kontrak pintar, yang memungkinkan individu dan bisnis untuk menetapkan kondisi spesifik untuk penyelesaian pekerjaan, pembayaran, dan akses data. Microsoft bahkan merilis ekstensi untuk kode Visual Studio untuk memudahkan penerapannya.

J.P. Morgan telah bermitra dengan Microsoft untuk blockchain Quorum, membawanya ke platform yang dikelola Microsoft. Layanan itu memiliki pelanggan yang beragam seperti Starbucks dan Louie Vuitton, dan Microsoft sendiri bahkan menggunakannya sebagai bagian dari Tim Keuangan Xbox.

Jika Anda tertarik untuk mencoba Layanan Blockchain Azure, sekarang tersedia di Pratinjau. Anda dapat membuat akun Azure gratis, dan mendapatkan 200 dolar untuk jaringan pertama Anda. Microsoft juga membahas lebih rinci tentang hal itu selama episode terbaru dari webshow Block Talk Azure-nya.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
microsoft,
#
blockchain,
#
cryptocurrency,
#
azure blockchain service