MENU
icon label
image label
blacklogo

Microsoft Perkenalkan Smartphone Lipat Surface Duo, Kini Pakai Android!

OCT 03, 2019@17:06 WIB | 224 Views

Meski belum bisa dipastikan bahwa Microsoft mulai menyerah atas kehadiran sistem operasi Windows Mobile kembangannya, namun sejumlah tanda keberpalingan perusahaan ke Android mulai ditampilkan. Di sela pengumuman produk terbaru perusahaan, seperti Surface Pro 7, Surface Earbuds dan Surface Laptop 3. Muncul seri produk terbaru yang berlabel Surface Duo. Surface Duo sendiri adalah ponsel dengan dua layar yang dapat dilipat. Sistem operasinya menggunakan Android namun dirancang untuk produktivitas dan integrasi apik dengan Windows.

Perangkat ini cukup besar, dengan masing-masing laurannya mengusung 5,6 inci layar. Bezelnya masih cukup besar sehingga phablet lipat ini tak terlalu terlihat kekinian. Layar kedua di perangkat ini digunakan untuk mengetik dan kontrol game. Ini adalah konsep serupa yang sudah diusung LG Dual Screen serta Twin Dock besutan ROG Phone. Android yang berjalan di Surface Duo agak mirip dengan sistem operasi Windows 10X yang menjalankan Surface Neo, laptop dual-screen berukuran mungil yang juga dikenalkan berbarengan Surface Duo. Konsep lipat yang diusung Surface Duo berbeda dengan ponsel lipat yang sudah ada. Sebut saja Samsung Galaxy Fold atau Huawei Mate X.

Microsoft tampaknya sudah belajar bahwa pengguna tak begitu tertarik dengan smartphone dengan OS Windows. Oleh karenanya, perusahaan raksasa itu bekerja sama dengan Google untuk memboyong OS Android ke perangkat mereka. Nah, Surface Duo ini jadi perangkat pertama Microsoft yang menjalankan OS Android. Microsoft melakukan beberapa penyesuaian visual terhadap Android di Surface Duo dan tetap menginstal berbagai aplikasi Office-nya. Sekadar informasi, Surface Duo menggunakan prosesor Snapdragon 855 milik Qualcomm, namun bisa di-upgrade ke versi yang lebih baik nantinya saat dirilis untuk  konsumen.

Meski sudah diumumkan, jangan berharap smartphone layar ganda ini bisa dibeli dalam waktu dekat. Pasalnya Surface Duo baru bisa dibeli pada tahun depan, bertepatan dengan momen holiday 2020 season. Kendati begitu Microsoft bakal terus mengembangkan Surface Duo mereka dalam 12 bulan ke depan. Rencananya, versi final perangkat ini bakal dirilis untuk konsumen pada Oktober tahun depan. Soal harganya pun masih belum diumumkan. Tampaknya harga smartphone ini tak akan murah, bakal lebih dari 1.000 dolar AS atau lebih dari Rp 14 jutaan.[ech/hsn/timBX]

Tags :

#
smartphone lipat,
#
microsoft,
#
surface duo