MENU
icon label
image label
blacklogo

Microsoft dan Apple Kerjasama Ciptakan Kontroler Xbox

NOV 26, 2020@10:00 WIB | 168 Views

Xbox Series X dihadirkan dengan kontroler atau konsol sepaket di pasaran. Namun, alat bermain ini untuk sekarang tidak mendukung akses ke ponsel pintar yang mungkin akan diwujudkan oleh Microsoft dan Apple. Dua pabrikan besar ini datang dengan satu tujuan untuk menggarap kontoler Xbox Series X dan Series S yang baru, yang akan berfungsi di iPhone dan iPad.

Saat ini, kontoler baru tidak secara resmi didukung di iOS atau iPadOS, tetapi Apple mengatakan, “Microsoft dan Apple bekerja sama untuk menghadirkan kompatibilitas kontoler Xbox Series X kepada pelanggan di pembaruan mendatang.” Dukungan untuk kontroler akan tiba melalui pembaruan over-the-air (OTA), meskipun Apple belum membagikan detail lebih lanjut tentang ketersediaannya.

Ini bukanlah kali pertama bagi dua perusahaan raksasa tersebut berupaya meningkatkan dukungan kontoler Xbox. Apple bekerja dengan Microsoft untuk menambahkan dukungan untuk kontoler Xbox Adaptive Controller ke iOS 14 awal tahun ini. Namun, dukungan tersebut muncul hampir setahun setelah rilis Elite 2.

Hingga kini masih belum jelas berapa lama waktu yang dibutuhkan Apple untuk mengesahkan kontoler seri X yang baru. Tetapi ada tanda-tanda bahwa dukungan DualSense akan segera hadir. Apple Insider baru-baru ini melaporkan bahwa iOS 14.3 yang saat ini dalam versi beta, “tampaknya menyertakan dukungan di balik layar” untuk kontoler DualSense PS5 Sony.

Apple belum menyebutkan DualSense dalam catatan dukungannya, tapi mudah-mudahan tidak membutuhkan waktu setahun untuk menyertakan dukungan untuk DualSense dan kontoler Xbox baru.

Sementara itu, Microsoft sebelumnya mengatakan bahwa pengontrol baru untuk konsol Xbox terbaru menyertakan pola titik taktil pada pemicu dan bumper untuk memberikan pegangan yang lebih baik. Juga dikatakan, D-pad, bumper, dan trigger kini memiliki lapisan matte untuk mempertahankan kesan konsisten yang mulus.

Jika nantinya fitur ini sudah dapat digunakan, maka para pemain game akan menjadi sangat nyaman. Kerjasama ini pada dasarnya berarti bahwa pengguna akan segera dapat memainkan game dengan pengontrol Xbox Series X baru di koleksi Apple, termasuk iPhone, iPad, Apple TV dan Mac. Saat ini, perangkat Apple mendukung pengontrol nirkabel Xbox Elite Seri 2.

Apple mengatakan bahwa kerjasamanya dengan Microsoft hanya untuk menghadirkan kompatibilitas pengontrol Xbox Series X kepada pelanggan di pembaruan mendatang.

Apple sendiri baru-baru ini merilis iOS 14.3 Beta pada 17 November lalu. Dalam pembaruannya, Apple memberikan fitur penyimpanan foto dalam bentuk RAW untuk iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Selain itu, iOS 14.3 juga akan memberikan saran aplikasi pihak ketiga pada saat proses setup. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
xbox series x,
#
microsoft dan apple,
#
microsoft,
#
apple,
#
kontroler xbox