MENU
icon label
image label
blacklogo

Microsoft Bakal Hapus Edge Lawas Mulai 13 April

FEB 11, 2021@12:00 WIB | 109 Views

Meskipun Internet Explorer Microsoft telah berkembang pesat selama bertahun-tahun, tampaknya stigma dari masa lalu terlalu sulit untuk dihilangkan. Hal ini tampak dari jumlah pengguna Edge Legacy yang masih berbasis EdgeHTML. Pada akhirnya ini mengakibatkan Microsoft memilih untuk membuat browser baru bernama Edge yang berbasis Chromium.

Sebagai informasi, Edge versi Chromium sebenarnya sudah tersedia sejak awal tahun ini. Namun Microsoft masih menghadirkannya sebagai opsi, sehingga pengguna yang ingin memakainya perlu mengunduhnya secara manual terlebih dulu.

Namun kabar terbaru menyebutkan bahwa Microsoft sedang bergerak pesat untuk mendorong pengguna beralih ke peramban baru. Penggunaan Edge Legacy yang masih berbasis EdgeHTML akan mulai ditinggalkan dan seluruh pengguna Windows kini akan didukung dengan Edge versi Chromium.

Jadi jika Anda masih memiliki Edge versi lama, alias Edge Legacy, di komputer Windows Anda, maka kabar ini patut disimak. Pasalnya, Microsoft telah mengumumkan bahwa pada 13 April 2021, mereka akan mulai mencopot pemasangannya dan menghapus aplikasi dari komputer. Pembaruan tidak hanya akan menghapus Edge, tetapi juga akan menginstal versi berbasis Chromium jika Anda belum memilikinya.

Menurut Microsoft, “Untuk menggantikan ini dari aplikasi dukungan, kami mengumumkan bahwa Microsoft Edge baru akan tersedia sebagai bagian dari pembaruan keamanan bulanan kumulatif Windows 10, atau disebut sebagai rilisUpdate Tuesday (atau“ B ”), pada 13 April 2021. Saat Anda menerapkan pembaruan ini ke perangkat Anda, aplikasi desktop Microsoft Edge Legacy yang tidak mendukung akan dihapus dan Microsoft Edge baru akan diinstal. ”

Kendati demikian, jika pengguna sudah memasang browser Edge versi baru, ada kemungkinan update ini tidak akan terlalu berpengaruh pada pengguna. "Versi terbaru ini menyediakan kompabilitas terbaik di kelasnya, baik untuk ekstensi dan situs web," tutur Microsoft dalam keterangannya.

Meski resmi menggantikan Edge Legacy, Microsoft mengatakan informasi yang ada di versi tersebut, mulai dari pengaturan, password, hingga laman favorit akan dipindahkan secara otomatis ke versi terbaru.

Hal itu juga berlaku untuk menu Start hingga shortcut yang dipakai di pengguna di versi sebelumnya. Tampilan Edge anyar turut mengubah versi sebelumnya yang ada taskbar maupun shortcut layar. Mengingat peramban ini berbasis Chromium, Microsoft akan mengikuti siklus pembaruan teknologi Google tersebut, seperti versi stabil yang rilis setiap minggu, dan ada jadwal rilis untuk Dev dan Beta.

Jika Anda sudah menginstal Edge versi baru, ada kemungkinan besar pembaruan ini mungkin tidak akan terlalu memengaruhi Anda. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
microsoft,
#
edge lawas,
#
internet explorer microsoft,
#
edge legacy