MENU
icon label
image label
blacklogo

MediaTek Akhirnya Luncurkan Prosesor Khusus Mobile Gaming

JUL 31, 2019@10:45 WIB | 149 Views

Saat ini smartphone yang dirancang terutama untuk menarik gamer seluler adalah ceruk yang berkembang. Tetapi model yang tersedia saat ini sebagian besar menempati kelas high end, dan oleh karenanya mereka biasanya dibanderol dengan harga yang tidak murah. Melihat perkembangan tersebut, produsen prosesor MediaTek kini fokus terlibat dalam aksi dengan seri Helio G90, chip yang dirancang untuk permainan berkualitas tinggi, lengkap dengan jajaran engine baru untuk mengoptimalkan pengalaman bernain. Kabar baiknya di sini adalah bahwa MediaTek selalu fokus untuk memberikan fitur dan kinerja premium pada perangkat yang tidak memiliki harga premium.

Mari kita bicara tentang teknologinya. Ada dua chip seri G90 baru, Helio G90 dan Helio G90T. Sayangnya perbedaan di antara keduanya belum dijelaskan secara resmi oleh pihak MediaTek hingga berita ini diturunkan. Namun, kita tahu bahwa G90 menggunakan 64-bit ARM Cortex A76 dan platform octacore Cortex A55 (itulah yang digunakan Qualcomm dalam prosesor seperti Snapdragon 675 dan 855) dengan prosesor grafis ARM Mali G76 (GPU), lengkap dengan kapasitas untuk 10GB RAM LPDDR4. Chip Helio G90 juga akan mendukung kamera tunggal hingga 64 megapiksel atau kamera dua lensa dengan lensa 24 megapiksel dan 16 megapiksel di lensa kedua.

Untuk membangun kredensialnya, MediaTek telah memuat chip seri G90 dengan teknologi HyperEngine-nya, yang dirancang untuk menghadirkan grafis yang hebat, koneksi yang solid, dan pengalaman bermain yang luar biasa. Sebagai contoh, chip ini akan dapat secara otomatis mengganti jaringan, bertukar antara koneksi seluler dan WiFi, ketika mendeteksi satu menawarkan kecepatan dan stabilitas yang lebih baik daripada yang lain. Sementara mesin manajemen sumber daya melakukan sesuatu yang serupa antara CPU dan GPU untuk framerates yang lebih halus.

Mesin kualitas gambar menambahkan visual HDR10 dan peningkatan warna dan kontras lainnya, sementara fitur lainnya menangani panggilan sehingga aliran data tidak terganggu. Ini juga memiliki kemampuan untuk terhubung ke dua router atau band WiFi - bahkan dengan antena Wi-Fi tunggal - untuk mempertahankan koneksi dan mengurangi latensi. Fitur non-gaming lain yang menarik adalah dukungan untuk dua AI. Jadi mengucapkan ‘Hei Google’ akan mengaktifkan Google Assistant, sementara memanggil nama ‘Alexa’ akan membangunkan asisten dari Amazon, jika aplikasinya diinstal.

Seri G90 adalah prosesor berorientasi-gaming khusus MediaTek pertama. Sayangnya belum diketahui kapan G90 akan tiba dengan smartphone yang bisa kita beli. Jika dirunut, chip terakhir mereka, Helio P90, diumumkan pada akhir 2018 namun belum terlihat di banyak ponsel hingga sekarang. Jadi kemungkinan kita masih harus menunggu beberapa bulan sebelum debut chip G90. Namun mengingat harga Asus ROG Phone 2 diperkirakan bakal mencapai 1.000 dolar AS, dan tidak adanya penerus ponsel Honor Play, smartphone gaming bertenaga G90 dengan harga yang pastinya lebih terjangkau kemungkinan besar akan disambut baik oleh pasar.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
mediatek,
#
helio g90,
#
snapdragon