MENU
icon label
image label
blacklogo

LG Pamer Layar CSO Tekuk Pertama di Dunia dalam CES 2021

JAN 08, 2021@08:00 WIB | 137 Views

Jika ada satu hal yang dinantikan di setiap gelaran Consumer Electronic Show (CES), itu adalah teknologi monitor. Setiap tahunnya, perusahaan seperti Samsung, LG, Sony dan lainnya, memamerkan teknologi monitor baru dan menarik, yang dapat mengubah cara kita menggunakan perangkat, dan memberi pengalaman baru.

LG pun telah mengumumkan bahwa mereka akan memamerkan monitor gaming 48 inci, untuk debut di CES 2021. Perusahaan asal Korea Selatan itu menyebut bahwa produk ini merupakan layar Cinematic Sound OLED (CSO) yang dapat ditekuk pertama di dunia.

Meskipun monitor lengkung dan TV lengkung bukanlah hal baru, perbedaan dalam teknologi ini adalah pengguna dapat menekuk layar sesuai keinginan.

Menurut LG, “Oleh karena itu, ini dapat diubah menjadi layar datar saat menonton TV, dan digunakan sebagai layar melengkung saat bermain game. Tampilan lengkung menawarkan jarak pandang yang seragam dari tengah layar ke tepinya, memaksimalkan imersi visual yang populer di kalangan gamer.”

Ini berarti bahwa bagi mereka yang lebih suka tampilan melengkung saat bermain game, dapat membengkokkannya untuk membuatnya melengkung hingga radius 10 cm. Atau Anda dapat meratakannya jika ingin merasakan pengalaman layar datar.  Perubahan layar ini dapat dilakukan dengan menekan sebuah tombol.

Kilas balik pada tahun sebelumnya, sebenarnya LG sempat memperlihatkan demo layar monitor serupa pada CES 2020. Bedanya, kali ini perusahaan menyematkan teknologi CSO ke layar baru tersebut. Dengan demikian, LG dapat menanam film exciter setebal 0,6 mm di bawah layar yang dapat mengubah seluruh panel OLED menjadi speaker.

Alhasil, konsep monitor gaming LG ini akan memiliki bodi lebih ramping dan suara lebih imersif saat bermain gim atau menonton film. Terdengar sangat menarik, bukan?

Meski demikian, spesifikasi lain yang harus disimak adalah layar CSO LG ini hanya mendukung refresh rate mulai dari 40 Hz hingga 120 Hz. Kemampuan ini terhitung rendah untuk sebuah monitor gaming saat ini.

Produsen lain ada yang menawarkan kemampuan 240 Hz hingga 360 Hz, namun memang tidak memiliki kemampuan transformasi tekuk seperti layar LG yang akan datang.

Perusahaan belum membuat pengumuman apapun mengenai ketersediaan atau harga. Jika ponsel lipat saja memiliki harga fantastis di segmen ponsel pintar, dapat dipastikan bahwa layar tekuk 48 inci ini tidak akan murah. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
layar cso tekuk pertama di dunia,
#
lg,
#
ces 2021,
#
consumer electronic show