MENU
icon label
image label
blacklogo

Lebih Mudah dan Santai Menggunakan Aplikasi Zoom

APR 06, 2020@11:51 WIB | 233 Views

Aplikasi Zoom memang sedang tinggi ratingnya saat ini, di kala mewabahnya virus COVID-19. Untuk meeting, atau video conference dengan sahabat, teman kantor, atau keluarga, memang lebih mudah menggunakan Zoom, karena simple. Waktu yang digunakan untuk menggunakan aplikasi ini cukup lama jika digunakan secara gratis, yaitu 30-40 menit.

Meskipun begitu, Zoom pernah terkena skandal yang tak terduga, yaitu secara diam-diam mengambil data pelanggannya yang menggunakan perangkat Apple, dan mengirimnya ke raksasa media sosial, Facebook. Atas hal ini, Zoom meminta maaf dan segera merubah kebijakannya tersebut.

Namun, ada hal yang unik, dan bisa kalian terapkan untuk lebih enjoy menggunakan aplikasi ini. Ini dia, 5 tips yang bisa kalian gunakan di aplikasi Zoom kalian;

1. Buat Hotkey/Shortcut Key

Daripada klik-klik, mending ketahui hotkey di aplikasi ini. Jika di komuter Apple, kalian bisa mematikan kamera dengan menekan command+shift+v, untuk mematikan suara command+shift+ M, dan command+shift+ s, untuk share videonya. Untuk hotkeys ini bisa kalian ganti dengan masuk ke menu pengaturan.

2. Mengganti Background

Jika kalian sedang menggunakan Zoom dengan beberapa orang, mungkin ada beberapa diantara orang tersebut yang belum terkoneksi, tapi sudah masuk ke dalam room. Alhasil, gambar mereka tidak ada. Untuk mesiasatinya agar tidak “dihiasi” oleh gambar blank melulu, kalian bisa mengubahnya dengan cara seperti ini;

  1. Klik panah kecil di sebelah tombol “stop video” di kiri bawah
  2. Pilih latar belakang virtual
  3. Klik tanda tambah kecil, untuk menambahkan gambar atau video sekalipun

3. Unlimited Penggunaan

Biasanya Zoom memberikan waktu gratis pemakaian selama 40 menit. Atau kalian wajib untuk membayar biaya tambahan sebesar $15. jika di Cina dan di AS, pembatasan waktu penggunaan sudah dicabut. Tapi bagaimana dengan Negara lainnya?

Nah, simple saja untuk kalian yang tidak mau ribet membayar uang tambahan, karena cara termudah adalah dengan memulai percakapan baru setelah waktu penggunaan selesai.

4. Menyalin Otomatis URL Meeting

Pernah tidak, jika kalian ingin memulai meeting dengan aplikasi ini, harus mengcopy ulang url lalu dishare ke pengguna lainnya seperti di Whatsapp? Sebenarnya ada cara mudah dari pada kalian harus mengcopy ulang url, untuk “didistribusikan” ke pengguna lainnya. Caranya, lihat pengaturan umum di menu pengaturan. Secara awal, kotak centang “automatically copy initation URL once the meeting start” memang tidak dicentang. Coba kalian centang, dan kemudian di apply, seketika ketika kalian baru memulai meeting di Zoom, bisa langsung men-share url room ke pengguna lainnya.

5. Terlihat Lebih Menawan

Sedikit aneh, karena mirip fitur yang ada di kamera smartphone sekarang. Biasanya fitur ini dinamakan “beauty face” di ponsel pintar, dan diadaptasikan ke Zoom?

Ada. Kalian bisa buka menu pengaturan di video, dan akan menemukan kotak centang “Touch Up My Appearance”, lalu centanglah. Alhasil, video kalian nanti akan memunculkan gambar wajah yang lebih halus dan rapi.[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
blacktech,
#
zoom,
#
short key,
#
aplikasi,
#
meeting