MENU
icon label
image label
blacklogo

Lama Ditunggu, Shenmue 3 Akhirnya Rilis Trailer

AUG 24, 2019@15:30 WIB | 106 Views

Kita sudah menunggu sangat lama untuk Shenmue 3 keluar, namun, trailer terbaru untuk permainan ini tampaknya menunjukkan bahwa penantian itu sepadan untuk penggemar lama seri. Shenmue 3 secara tidak terduga diumumkan pada konferensi pers Sony E3 2015, dan sejak itu telah melalui siklus pengembangan yang sulit. Permainan ini telah ditunda beberapa kali dan menghadapi kemarahan yang cukup besar dari para penyumbang di Kickstarter ketika diumumkan bahwa game tersebut akan dirilis pada PC melalui Epic Games Store padahal awalnya mereka diberi tahu bahwa akan datang ke Steam.

Namun demikian, tanggal rilis 19 November Shenmue 3 semakin dekat, dan para penggemar pada akhirnya bisa mendapatkan angsuran terakhir dalam trilogi legendaris Yu Suzuki. Shenmue pertama dirilis secara eksklusif di Sega Dreamcast di Jepang pada tahun 1999. Rilis untuk barat menyusul pada awal tahun 2000. Shenmue 2, dirilis di Jepang dan Eropa pada Sega Dreamcast pada tahun 2001. Penggemar Amerika Utara akhirnya dapat dapatkan permainan tersebut saat diluncurkan di Xbox pada akhir 2002.

Shenmue mengumpulkan pengikut besar yang tetap bergairah seperti biasa bahkan setelah bertahun-tahun. Serial ini mempopulerkan banyak sistem dan mekanika modern yang tidak pernah terlihat dalam video game pada saat itu, seperti quick time event, sebuah dunia besar yang dapat dijelajahi, dan beragam kegiatan sampingan.

Di trailer terbaru Shenmue 3, yang diposting di YouTube Deep Silver, para penggemar akan melihat bahwa game ini jelas merupakan produk pada masanya. Ini menunjukkan tidak ada yang terlalu inovatif menurut standar saat ini, tetapi mereka yang telah terjebak dengan seri sejak awal pasti merasa betah dengan apa yang ditampilkan. Karakter utama, Ryo Hazuki, dapat terlihat berkeliaran di jalan-jalan kota yang semarak, berinteraksi dengan karakter NPC, dan memainkan minigame. Ini semua disertai dengan akting suara (yang sangat buruk), yang mengingatkan kita pada dua game pertama.

Pertarungan terlihat menjadi salah satu fitur paling halus di Shenmue 3. Sementara bertarung tidak selalu berada di garis depan seri itu, akan menarik untuk melihat bagaimana Ryu tumbuh seiring perjalanan sebelum konfrontasi terakhirnya dengan musuh utama Lan Di. Shenmue terinspirasi dari game-game arcade Sega, terutama Virtua Fighter.

Shenmue 3 sepertinya tidak akan menjadi game yang inovatif, namun sepertinya sudah disetel dengan baik dengan mengambil pertimbangan dari masukan penggemar. Peningkatan grafis dan penyempurnaan mekanisme tampaknya berada di garis depan, namun tetap saja secara keseluruhan dari trailer, mungkin lebih cocok jika Shenmue 3 dirilis lebih dekat kedua judul pendahulunya. Meski demikian, mengingat perjalanan dari Shenmue 2 ke Shenmue 3 telah lama dan berliku, penggemar pasti bersemangat untuk mendapatkan produk akhir ketika diluncurkan di penghujung tahun ini.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
shenmue,
#
shenmue 3,
#
sega