MENU
icon label
image label
blacklogo

Kirin 980 Hadir! Ini Dia Sejumlah Keunggulannya

SEP 03, 2018@16:00 WIB | 744 Views

(Huawei perkenalkan Kirin 980 di ajang IFA 2018)

Ajang IFA 2018 menjadi panggung bagi Huawei untuk unjuk gigi diantara vendor lainnya. Pasalnya, perusahan teknologi ini baru saja memperkenalkan prosesor terbarunya, yakni HiSilicon Kirin 980. Prosesor ini digadang-gadang menjadi prosesor pertama yang dibuat pada pemrosesan 7nm. Meski berukuran kecil, Huawei mengklaim performanya akan didongkrak lebih jauh daripada Kirin 970.

Kirin 980 menggunakan Cortex-A76. Nah, tidak seperti chipset yang pernah dirilis, Kirin 980 ini akan hadir dengan tiga konfigurasi, yakni dua inti Cortex-A76 untuk kinerja tinggi, dua inti Cortex-A76 untuk efisiensi serta empat inti Cortex-A55 untuk prosesor berdaya rendah.

(Chipset ini dibuat menggunakan pemrosesan 7nm)

Huawei juga membekali chipset ini dengan teknologi Flex-Scheduling. Teknologi ini merupakan teknologi yang dikembangkan sendiri oleh Huawei. Berkat teknologi ini, CPU mampu diatur agar lebih optimal ketika melakukan penjadwalan tugas untuk efisiensi tenaga.

Teknologi ini juga menawarkan puncak performa yang lebih tinggi serta kapasitas daya baterai yang lebih besar. Huawei mengklaim performa inti chipset ini akan meningkat hingga 75% dan 58% lebih hemat energi ketimbang generasi sebelumnya.

(Huawei mengklaim chipset terbaru ini akan lebih efisien sebanyak 75% dari generasi sebelumnya)

Pemrosesan grafis Kirin 980 pun dikatakan jauh lebih baik ketimbang generasi sebelumnya. Chipset ini menggunakan GPU Mali-G76 dengan 10 inti. Nah, performa GPU ini dkatakan dua kali lebih tinggi ketimbang generasi sebelumnya.

Soal konektivitas, chipset Kirin 980 pun diklaim hadir dengan dukungan koneksi yang lebih baik. Pasalnya, Huawei menyematkan modem Category 21LTE. Modem ini mampu melakukan download dengan kecepatan 1.4 Gbps dan upload dengan kecepatan 200Mbps. Angka ini nyatanya masih berada di atas modem X20 Qualcomm yang dikatakan hanya mencapai 1,2Gbps.

Dilansir dari AndroidAuthority, Huawei bakal merilis chipset ini pada Oktober mendatang. [Trd/timBX]

Tags :

#
blacktech,
#
huawei,
#
kirin 980,
#
android,
#
ai,
#
lte,
#
mali-g76