MENU
icon label
image label
blacklogo

Intel Perkenalkan Modem 5G XMM 8160

NOV 14, 2018@10:25 WIB | 288 Views

Intel akhirnya memperkenalkan modem 5G pertama miliknya, yakni XMM 8160 yang dikabarkan akan hadir berupa multimode dan sudah didukung teknologi mmWave termutakhir. Nah, multimode ini memungkinkan modem XMM 8160 juga berjalan di jaringan 2G.

Intel mengklaim, dengan memiliki banyak pilihan jaringan dalam satu chip, nantinya para pembuat chip lain dapat menyederhanakan motherboard untuk ponsel, PC, bahkan hotspot. Modem ini diklaim memiliki kecepatan maksimum 6 Gbps. Kecepatan ini tiga kali lebih cepat dari kecepatan modem LTE Intel yang terakhir dibuat.

Modem XMM 8160 akan mendukung bandwith mmWave dalam jangka pendek dan jauh, seperti halnya 5G NR dari 600 MHz ke 6 Ghz. Tak hanya itu, modem ini juga mendukung EN-DC. EN-DC merupakan cara sebuah modem untuk terhubung ke jaringan 4G dan 5G secara simultan.

Cara kerja EN-DC kira-kira seperti ini: koneksi jaringan akan dikendalikan oleh jaringan 4G. Nah, ketika akan melakukan transfer data secara cepat, konseksi akan melompat ke jaringan 5G. Prinsip ini dikenal dengan koneksi Non Stand Alone dan sangat vital dalam transisi 4G/5G.

Meski sudah diperkenalkan sekarang, namun Intel kabarnya berencana baru merilis modem XMM 8160 setidaknya di semester kedua tahun 2019. Sementara, perangkat pertama yang hadir dengan modem ini diprediksi baru akan diluncurkan pada semester awal 2020. [Trd/timBX]

Tags :

#
blacktech,
#
intel,
#
modem 5g,
#
xmm 8160,
#
mmwave