MENU
icon label
image label
blacklogo

Intel Alder Lake Terbukti Lebih Cepat Daripada Apple M1 Max

NOV 08, 2021@17:00 WIB | 225 Views

Belum lama ini Intel meluncurkan prosesor generasi ke-12 bernama Alder Lake yang ditujukan untuk desktop. Di sisi lain, prosesor dari Apple, M1, sudah membuktikan dirinya sebagai salah satu prosesor performa yang sangat mumpuni, tetapi Intel tidak mau kalah. Menurut hasil benchmark dari Geekbench yang dilakukan baru-baru ini, sepertinya prosesor Alder Lake menunjukkan bahwa mereka mengungguli performa Apple M1.

Menurut hasil benchmark, tampaknya prosesor Intel Alder Lake Core i9-12900K sekitar 1,5x lebih cepat dibandingkan dengan chipset Apple M1 Max, yang merupakan chipset top-of-the-line terbaru yang memulai debutnya di MacBook Pro versi baru. Alder Lake mencetak angka sekitar 18.500 untuk multi-core, angka yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan M1 Pro dan M1 Max, yang hanya sekitar 12.500.

Bagi pengguna yang tidak memiliki dan tidak membutuhkan i9, tampaknya versi i7-12700K juga lebih cepat daripada chipset M1 Pro dan M1 Max, sehingga mungkin layak dipertimbangkan jika anda benar benar tidak membutuhkan kekuatan i9 atau tidak ingin menghabiskan begitu banyak uang untuk itu. Meskipun demikian, perlu dicatat bahwa, walaupun kedua prosesor ini mengungguli chipset Apple M1 Pro dan Max, keduanya mengkonsumsi lebih banyak daya.

Apple menggembar-gemborkan bagaimana chipset M1 Pro dan Max-nya menawarkan kinerja tinggi tetapi mengkonsumsi daya yang sangat kecil, menjadikannya sangat efisien terutama pada laptop. Sebagian besar diharapkan akan dirilis pada tahun 2022, Apple akan memperkenalkan iMac 27 inci yang menggunakan chipset M1 Pro dan Max juga, jadi mungkin perbandingan yang lebih baik dapat dibuat antara prosesor Intel Alder Lake dan seri M1. [era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
intel,
#
apple,
#
alder lake,
#
m1 max,
#
prosesor,
#
chipset