MENU
icon label
image label
blacklogo

Instagram Siapkan Fitur Anti Bully

OCT 10, 2018@10:25 WIB | 322 Views

(Instagram siapkan fitur untuk melawan bully dan pelecehan online di aplikasinya)

Aksi bully dan pelecehan secara online masih saja marak terjadi. Meski pemerintah sudah menetapkan beberapa regulasi mengenai hal tersebut, aksi ini kerap berlanjut di lini massa. Pun juga di Instagram. Jika sebelumnya Instagram sudah menggunakan filter untuk menyaring komentar bully, sektor foto itu sendiri masih luput dari pengamatan Instagram secara langsung.

(MAchine learning dimanfaatkan untuk menemukan foto dan caption yang mengandung bully)

Instagram rencananya akan melibatkan machine learning untuk mendeteksi aksi bully yang terjadi pada sebuah foto dan caption. Namun hal ini tidak berarti Instagram akan langsung mencopot foto yang diindikasi mengandung bully di dalamnya. Instagram akan menandai foto dan caption yang bersangkutan. Nantinya moderatorlah yang akan bertugas mencopot foto tersebut.

(Tak hanya foto, siaran langsung juga akan disaring oleh Instagram)

Cara tersebut dinilai lebih cepat ketimbang cara sebelumnya yang dilakukan Instagram dalam mendeteksi bully pada sebuah foto atau caption. Sebelumnya, Instagram masih mengandalkan laporan dari penggunanya. Itupun sang moderator mesti menunggu beberapa waktu untuk memastikan bahwa foto yang dilaporkan pantas untuk dicopot.

Tak hanya itu, selain memindai foto dan caption, Instagram juga berencana untuk mneyaring kembali setiap siaran langsung beserta seluruh komentar yang diberikan pengguna Instagram dalam siaran tersebut. [Trd/timBX]

Tags :

#
blacktech,
#
instagram,
#
bully,
#
hate speech,
#
artificial intelligence,
#
machine learning