MENU
icon label
image label
blacklogo

Instagram Bakal Hadirkan Fitur Friend Map, Fungsinya Buat Apa?

MAR 01, 2024@14:00 WIB | 403 Views

Meta sebagai developer aplikasi media sosial Instagram bakal menghadirkan sebuah fitur baru dalam waktu dekat. Diketahui Instagram sedang mempersiapkan fitur baru yang akan dinamai sebagai “Friend Map” yang punya fungsi seperti melacak pengguna lainnya.

Melansir Techcrunch, Senin (26/2/2024), diketahui Meta sedang melakukan uji coba fitur Friend Map di Instagram secara terbatas. Artinya fitur ini masih berstatus prototipe atau uji coba dalam skala dan jumlah yang memang sangat terbatas.

Fitur Friend Map di Instagram sendiri pertama kali diciptakan oleh reverse engineer Meta, Alessandro Paluzzi. Ia sendiri beberapa kali memang kerap membocorkan beberapa fitur baru yang akan hadir di berbagai media sosial besutan Meta, terutama Instagram.

Fitur Friend Map sendiri mengambil inspirasi dari fitur Snap Map yang ada pada aplikasi media sosial Snapchat. Dengan fitur ini, pengguna bisa melihat secara langsung lokasi dari pengguna lainnya yang bisa terpantau secara real time. Fitur ini akan berguna, terutama untuk melacak orang-orang terdekat saat dalam kondisi tertentu.

Selain melacak lokasi, dari tween di akun media sosial X atau Twitter Paluzzi, Friend Map juga memberikan beberapa data lainnya. Misalnya seperti mengatur siapa yang bisa melacak lokasi kalian, serta menyimpan data lokasi yang di enkripsi dari ujung ke ujung.

Untuk mengatur siapa yang bisa melacak lokasi kalian, bisa dipilih apakah menggunakan follower yang masuk “Close Friend” atau bukan. Serta peta lokasi bisa kalian ubah dengan tampilan “Ghost Mode” untuk menyembunyikan lokasi terkini dari orang yang tidak kalian inginkan.

Serta yang menarik, fitur “Friend Map” ini juga bisa terintegrasi dengan Instagram Notes. Artinya kalian bisa membagikan sendiri lokasi terkini kalian melalui Direct Message hingga mempostingnya di Instagram Story.

Sejatinya ini bukan pertama kalinya Instagram meniru fitur dari aplikasi medsos lainnya. Di tahun 2016 silam, kalau kalian ingat bahwa fitur Snapgram atau Instastory sejatinya merupakan fitur yang sudah di Snapchat. Fitur ini kalian akan memposting cerita yang akan muncul di timeline dalam kurun waktu 24 jam. [edo/timBX]

Tags :

#
instagram,
#
meta,
#
fitur,
#
friend map