MENU
icon label
image label
blacklogo

Imaging Edge Webcam: Software Terbaru Sony, Ubah Kamera Jadi Webcam

AUG 25, 2020@13:00 WIB | 236 Views

Tingginya permintaan webcam di era pandemi membuat sejumlah produsen kamera merilis perangkat lunak terbaru. Ini memungkinkan produknya dapat digunakan sebagai webcam dengan kualitas mumpuni. Produsen kenamaan yang mengadaptasi teknologi ini adalah Canon, Olympus, Panasonic, Fujifilm dan GoPro, yang telah merilis program serupa. Mengikuti langkah pesaingnya, produsen kamera Sony, dikabarkan baru saja merilis program baru untuk Windows 10.

Program tersebut adalah Imaging Edge Webcam, yang baru saja diluncurkan Sony pada Senin (21/8/20) lalu. Ini mengizinkan Anda menghubungkan kamera Sony ke PC via USB, dan mengubah fungsinya sebagai webcam tanpa menggunakan hardware tambahan. Sayangnya, pengumuman perilisan tak menyebutkan software ini kompatibel dengan macOS.

Perangkat lunak Imaging Edge Webcam baru memungkinkan 35 tipe kamera Sony berfungsi sebagai webcam langsung melalui koneksi USB. Kamera Sony yang mendukung pengisian daya melalui USB juga akan mengisi daya kamera saat terhubung. Kamera yang mendukung deteksi wajah dan mata juga akan berfungsi saat dalam mode webcam.

Perlu diperhatikan, rasio aspek secara otomatis akan diatur ke 16:9. Ini akan tetap diatur ke 16:9 setelah menggunakan Imaging Edge Webcam dan tak dapat diatur ulang. Jadi jika perlu kualitas terbaik, Anda dapat mengatur resolusinya dengan 1.024 × 576 piksel.

Meski menjamin visual yang memanjakan, Imaging Edge Webcam tidak menangani audio, sehingga Anda perlu menggunakan mikrofon internal komputer atau mikrofon eksternal.

Ada 35 model kamera yang diklaim oleh Sony dapat diintegrasikan dengan software Imaging Edge Webcam, termasuk produk terbaru Alpha 7S III. Model lainnya yang juga mendukung integrasi ini adalah Alpha 9 II, Alpha 9, Alpha 7R IV, Alpha 7R III, Alpha 7R II, Alpha 7S II, Alpha 7S, Alpha 7 III, Alpha 7 II, Alpha 6600, Alpha 6400, Alpha 6100, RX100 VII, RX100 VI, RX0 II, RX0, and vlog camera ZV-1.

Maraknya trend bekerja secara digital menjadikan webcam sebagai item dengan penjualan fantastis di era pandemi. Seiring waktu berjalan, webcam tak hanya sekedar jadi ajang konferensi dengan kualitas minim, tetapi perlahan orang-orang mulai peduli dengan tampilan terbaik.

Apabila Anda pengguna Windows dan memiliki kamera digital Sony, saatnya memanfaatkan kamera Anda sebagai webcam. Namun, harap bersabar untuk Anda pengguna macOS, karena fungsi ini belum dapat diterapkan. Kita hanya bisa berharap semoga Sony juga mengembangkan perangkat lunak mirip Image Edge Webcam yang kompatibel dengan Mac. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
imaging edge webcam,
#
software terbaru sony,
#
kamera sony,
#
webcam,
#
sony