MENU
icon label
image label
blacklogo

Imaging Edge Terbaru Sony, Ubah Kamera Jadi Webcam untuk Mac

OCT 20, 2020@09:00 WIB | 116 Views

Maraknya komunikasi menggunakan panggilan video sebagai dampak pandemi membuat penjualan webcam meningkat tajam. Kesempatan ini tak dilewatkan begitu saja oleh para produsen kamera kenamaan, dengan peluncuran sejumlah produk yang dapat digunakan sebagai webcam.

Tak berhenti sampai di situ, produsen juga mengembangkan perangkat lunak yang mendukung konektivitas ini. Sehingga kamera model terbaru ataupun model sebelumnya, juga bisa Anda gunakan untuk panggilan video dengan kualitas terbaik.

Kabar baik kini datang bagi Anda pemilik kamera Sony, yang merilis perangkat lunak yang mendukung penggunaan kamera sebagai webcam. Menyusul perangkat lunak Imaging Edge Webcam untuk Windows 10 yang diperkenalkan pada Agustus lalu, kini Sony merilis perangkat lunak versi baru untuk Mac.

Anda pemilik Mac kini mendapat kesempatan yang sama, dengan menggunakan Imaging Edge Webcam terbaru. Dengan mencolokkan kamera ke perangkat, menjadikan kamera Sony Anda sebagai webcam berkualitas tinggi untuk panggilan Zoom atau Skype dari Mac.

Hal ini telah dijanjikan Sony, ketika peluncuran perangkat lunak untuk Windows dua bulan lalu. Kini, mereka memenuhi janji itu. Perangkat lunak baru ini berfungsi dengan 36 kamera Sony, termasuk kamera terbaru dari seri E-mount dan A-mount. Diantaranya A9 II, A9, A7S III, A7R IV, A7R III, A7R II, A7S II, A7S, A7 III, A7 II, A6600, A6500, A6400, A6100. Juga termasuk perangkat lensa tetap seperti RX100 VII, RX100 VI, RX0 II, RX0, dan ZV-1 yang fokus pada vlog. Untuk daftar lengkap kamera yang kompatibel dengan software dapat dilihat di situs web Sony.

Perangkat yang lebih lama seperti A7 original atau A6000 tidak mendapat dukungan Imaging Edge Webcam. Tetapi, Anda tetap dapat menggunakannya sebagai webcam dengan cara konvensional, yakni menggunakan kartu penangkap HDMI.

Selain memperhatikan model kamera Anda, perhatikan pula bahwa Sony mengklaim tidak semua Mac dapat menjalankan fungsi ini. Sony mencatat bahwa perangkat lunak tersebut hanya kompatibel dengan Mac yang menjalankan macOS High Sierra, macOS Mojave, dan macOS Catalina. Hingga kini belum jelas apakahitu akan segera mendukung mac OS BigSur ketika diluncurkan sekitar musim gugur ini.

Sony memang salah satu produsen kamera terkemuka yang tak diragukan lagi kualitas dan kepopulerannya di pasaran. Akan tetapi, Sony juga dikenal sebagai produsen terakhir yang merilis dukungan kamera sebagai webcam, pasca pandemi virus corona.

Sebelumnya, produsen lain telah lebih dulu memperkenalkan teknologi ini. Diantaranya, Canon, Olympus, Panasonic, Fujifilm, dan GoPro. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
imaging edge,
#
sony,
#
kamera sony,
#
webcam sony,
#
teknologi inovatif