MENU
icon label
image label
blacklogo

iFixit Dibuat Terpana Usai Membongkar iPhone 12 Mini

NOV 20, 2020@10:00 WIB | 89 Views

Pesanan untuk koleksi iPhone 12 mini baru mulai berdatangan ke tangan pelanggan. Ponsel yang diluncurkan pada Oktober ini memang berhasil mencuri perhatian berkat tawaran peningkatan spesifikasi yang menggiurkan. Perangkat ini adalah koleksi terkecil dari jajarannya yang lain, yakni iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max.

Setibanya di tangan tim iFixit, iPhone 12 mini segera menuju ruang operasi di mana mereka ingin melakukan pembongkaran dua perangkat, atas buatan Eropa dan Amerika Serikat. Tim iFixit ingin mencari tahu bagaimana Apple berhasil memasukkan perangkat keras 5G dan komponen iPhone biasa ke perangkat kecil tersebut. Dan hasilnya membuat terpana!

Dalam situs resminya, iFixit memberi skor teardown iPhone 12 mini dengan nilai ‘Repairability 6 out of 10’. Hasil ini didasarkan dari penilaian terhadap komponen yang membangun perangkat dengan bodi yang terbilang sangat kompak tersebut. Dimensinya berukuran 131,5 x 64,2 x 7,4 mm dengan layar 5,4 inci. Bahkan bobotnya lebih ringan daripada iPhone SE 2020, yakni hanya 135 gram.

Hal pertama yang Anda perhatikan saat melihat gambar internal adalah baterai yang lebih kecil untuk koleksi mini. Mengejutkannya, ini memiliki daya yang serupa dengan iPhone model lain, dengan 8,57 Wh. Meski demikian, angka ini memang lebih kecil dari baterai iPhone 12 lainnya yang memiliki 10,78 Wh.

“Itu lebih baik daripada iPhone SE 2020 dengan 6,96 Wh, tetapi dapat dipahami ini lebih pendek dari 10,78 Wh dari standar 12 yang ditumpuk di atasnya,” lapor iFixit.

Nilai positif lainnya adalah Taptic Engine, speaker dan cincin MagSafe, semuanya disertakan dalam iPhone 12 mini, dengan versi yang lebih kecil untuk menghemat ruang. Siasat ini berhasil membuat Apple memasukkan kamera berukuran sama seperti model iPhone lainnya, ke dalam koleksi mini. Kendati demikian, tindakan ini menurut iFixit, membuat ponsel mengorbankan masa pakai baterai.

Ponsel iPhone 12 mini memiliki kamera sudut lebar f/1,6 dan sudut ultra lebar f/2,4 yang sama seperti yang ditemukan di iPhone 12. Secara keseluruhan iFixit menemukan bahwa iPhone 12 mini sangat mirip dengan rekan-rekannya yang lebih besar.

“IPhone 12 mini adalah ponsel kecil dengan ambisi besar. Kami terkejut dengan betapa akrabnya tampilan internal dibandingkan dengan iPhone lain tahun ini, mengingat perbedaan ukuran di antara mereka,” terang iFixit. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
ifixit,
#
iphone 12 mini,
#
komponen iphone,
#
apple,
#
teknologi inovatif