MENU
icon label
image label
blacklogo

Ide Baru, Ada Peneliti yang Mengembangkan Smart Toilet

APR 10, 2020@07:05 WIB | 344 Views

Kotoran manusia sebenarnya mampu memperlihatkan kondisi tubuh manusia. Sampai sekarang, bahkan baik feses atau pun urin bisa menjadi acuan untuk melihat kesehatan tubuh, seperti cek narkoba, atau apakah kondisi usus sedang bermasalah dan sebagainya. Nah, jika mungkin anda sampai sekarang harus mengambil sendiri feses untuk diteliti oleh laboratorium terjamin, maka era ini sekarang sudah berakhir. Kenapa?

Ternyata ada beberapa peneliti yang sedang mendesain toilet pintar (smart toilet), yang menggunakan beberapa sensor nantinya. Jadi, toilet duduk yang anda miliki dapat dipasang sensor yang sedang dikembangkan peneliti tersebut. Sensor yang dipasang ini dapat menganalisis feses ketika anda “membuangnya” sehingga bisa kita pantau sendiri kondisi kesehatan pribadi.Cara Sensor menganalisis feses ini adalah memeriksa hal-hal seperti konsistensi, warna, dan bahkan kadar glukosa bahkan jumlah sel darah merah. 

Ada yang unik dari sistem teknologi smart toilet ini, yaitu keamanannya alias privasi pengguna. Tingkat keamanannya yaitu keamanan biometric, yaitu pengamanan dengan sidik jari. Mungkin itu terdengar biasa bagi banyak orang, tapi ada satu keamanan lagi yang disematkan di smart toilet ini, yaitu anal printing.

Anal printing ini akan mengidentifikasi “lipatan” anus tiap pengguna, ya semacam di scanning jika dikatakan. Memang unik untuk teknologi keamanan satu ini. Namun, peneliti yang sedang mengembangkan toilet ini masih terus meriset bagaimana teknologi yang layak untuk menggunakannya. Kita tunggu saja kapan toilet ini akan dijual.[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
blacktech,
#
smart toilet,
#
toilet pinter,
#
anal printing