MENU
icon label
image label
blacklogo

Huawei Perkenalkan Sistem Operasi Harmony OS pada Tablet dan Smartwatch Huawei Watch 3

JUL 27, 2021@13:30 WIB | 145 Views

Sejak dibekukan dari kesepakatan dengan perusahaan AS, ponsel Huawei dan gadget lainnya tidak dapat menjalankan Android versi penuh, lengkap dengan aplikasi Google dan Play Store.  Huawei akhirnya membuat  sistem software HarmonyOS.


Secara teknis, ini sebenarnya HarmonyOS 2, karena perangkat lunak ini sebelumnya telah digunakan pada smart home. Namun sekarang, HarmonyOS hadir di gadget konsumen, dengan model tablet MatePad yang diperbarui dan Huawei Watch 3 membantu menandai kesempatan sistem Harmony OS tersebut.

Sistem operasi HarmonyOS memiliki nuansa yang sangat mirip Android – Huawei belum mengomentari laporan bahwa ia berbagi banyak kode dengan versi Android yang dilucuti, open source, bebas Google yang harus digunakan pada perangkat terbaru seperti Huawei P40.

Anda masih akan mengalami masalah dalam mendapatkan aplikasi yang Anda inginkan di HarmonyOS, dengan solusi yang sama – mengesampingkan versi aplikasi yang tidak resmi atau mengkloningnya dari perangkat yang ada. Huawei sekarang memiliki toko aplikasi sendiri, tetapi kekurangan banyak aplikasi paling umum dan populer yang bisa Anda dapatkan di Android.

Bahkan jika HarmonyOS terlihat dan bekerja sangat mirip dengan Android dasar saat ini, itu memberi Huawei landasan untuk membangun dan secara bertahap memutuskan tautan dengan perangkat lunak yang sebagian besar dikendalikan oleh Google. Rencananya adalah agar perangkat lunak menjangkau lebih banyak perangkat, dan bahkan menarik produsen lain.

Untuk perangkat keras, tablet Huawei MatePad baru hadir dalam tiga ukuran dan membawa tiga prosesor berbeda: MatePad 10,95 inci (menjalankan Qualcomm Snapdragon 865), MatePad Pro 10,8 inci (dengan Qualcomm Snapdragon 870) dan 12,6- inci MatePad Pro (dengan chipset Kirin 9000E milik Huawei sendiri).

Model 12,6 inci menggunakan teknologi layar OLED yang unggul, tetapi memiliki kecepatan refresh 60 Hz; model yang lebih kecil puas dengan LCD tetapi akan terlihat lebih lancar dengan kecepatan refresh 120-Hz. Ketiga tablet ini memiliki resolusi 2.560 x 1.440 piksel, dan dilengkapi dengan keyboard dan stylus pintar yang menyertainya jika Anda ingin mengeluarkan biaya ekstra. Pengisian kabel dan nirkabel didukung pada ketiga model.

Meskipun HarmonyOS mungkin sangat berbasis Android, HarmonyOS memiliki tampilan iPadOS yang pasti pada tablet MatePad – misalnya, ada ikon aplikasi di bagian bawah, dan layar beranda dapat dikonfigurasi dengan berbagai widget untuk memudahkan akses ke informasi . Apple akan mengumumkan putaran pembaruan perangkat lunak tahunannya sendiri, termasuk versi baru untuk iOS dan iPadOS, pada konferensi WWDC minggu depan.

Harga untuk MatePad 10,95 inci standar menggunakan RAM 6 GB dan penyimpanan 128 GB – itu setara dengan sekitar US$485, meskipun tablet tersebut kemungkinan tidak akan tersedia secara luas di luar Eropa dan Asia. MatePad Pro 12,6 inci dijual seharga € 799 (sekitar $ 975) dengan RAM 8 GB dan penyimpanan 128 GB, meskipun belum ada harga untuk model Pro 10,8 inci.

Ada juga jam tangan pintar baru, Huawei Watch 3, dengan HarmonyOS di dalamnya. Perangkat yang dapat dikenakan ini memiliki layar OLED 1,43 inci yang berjalan pada kecepatan refresh 60 Hz, dan semua fitur pelacakan kebugaran dan kesehatan yang biasa ada di dalamnya (termasuk dukungan untuk seratus mode latihan). Detak jantung, SpO2 dan pelacakan tidur juga disertakan. Huawei menjanjikan masa pakai baterai minimal tiga hari, dan akan ada opsi konektivitas 4G jika Anda ingin meninggalkan ponsel Anda.

Seperti halnya tablet, tanda tanya akan melampaui dukungan aplikasi, tetapi Huawei Watch 3 terlihat sama mulusnya dengan jam tangan pintar Huawei sebelumnya. Model Pro tersedia dalam bahan yang lebih premium dan dengan GPS yang lebih akurat juga.

Dengan jam tangan, kami hanya mendapatkan harga Inggris saat ini: £349,99 (sekitar $495) untuk model standar, dan £499,99 (sekitar $710) untuk Pro, jadi ini merupakan markup yang cukup untuk bahan premium tersebut. Semua perangkat yang kami sebutkan mulai dijual di pasar tertentu akhir bulan ini.[Ahs/timBX]

Tags :

#
harmonyos2,
#
huawei,
#
sistem operasi selain android