MENU
icon label
image label
blacklogo

Huawei Daftarkan Paten Nama OS Harmony di Eropa

JUL 15, 2019@16:05 WIB | 167 Views

Saat ini Huawei terus berurusan dengan ketidakpastian atas hubungannya dengan Amerika Serikat di masa depan dan aksesnya ke sistem operasi Android dan Windows. Terkait itu, kini mereka juga sibuk mengerjakan OS in house untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang bisa terjadi, yaitu larangan penuh penggunaan OS Android dan Windows di semua produk mereka. Nah setelah berbagai rumor yang beredar terkait OS barunya, nama baru untuk mereka baru saja muncul dan sedikit banyak memiliki kepastian.

Huawei telah mendaftarkan nama Harmony di Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa, lapor LetsGoDigital, yang mungkin berakhir sebagai nama perangkat lunak yang akan digunakan pada telepon dan laptop Huawei di masa mendatang.

Kabar terbaru ini kini bisa dimasukan bersama nama-nama lain yang sebelumnya kita dengar sebagai calon OS merek Huawei sendiri, termasuk Hongmeng dan Ark. Jika menilai secara luas ada kemungkinan Huawei bisa saja menggunakan label yang berbeda untuk wilayah yang berlainan jika aksesnya ke Android dan Windows terpotong.

Selain nama Harmony yang telah diketahui, pendaftaran aplikasi merek dagang tidak mengungkapkan terlalu banyak tentang apa yang sedang direncanakan Huawei. Kita tahu bahwa proyek sistem operasi ini telah berjalan selama beberapa tahun, tetapi gesekan dengan AS berarti mereka mungkin dibutuhkan lebih mendesak.

Sementara pemerintahan Trump telah membuat suara tentang hubungan yang lebih bersahabat dengan Huawei di masa mendatang - setidaknya sejauh menyangkut produk konsumen - masih belum jelas apakah Huawei akan dapat mengandalkan Android dan Windows di tahun-tahun mendatang.

Tentu saja Huawei juga akan menghadapi prospek yang menantang untuk mengajak pengembang aplikasi agar mau mengirim produk mereka ke Harmony, Ark, Hongmeng atau apapun sistem operasi baru mereka nantinya disebut.

Dengan pemikiran itu, tidak mengherankan bahwa perusahaan itu mempercepat upaya untuk memiliki sistem operasinya sendiri, seandainya yang terburuk terjadi. Tidak diragukan lagi akan ada banyak rumor dan kejutan lain sebelum akhirnya kisah ini menemui penutup.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
huawei,
#
android,
#
windows,
#
harmony,
#
os huawei