MENU
icon label
image label
blacklogo

Hati-Hati dengan Aplikasi Zoom

MAR 27, 2020@11:16 WIB | 325 Views

Halo BlackPals, bagaimana kabar kalian selama #dirumahaja? WFH pun mungkin kalian jalankan dengan video conference ya? Nah mengenai video conference, beberapa dari kalian mungkin tak asing lagi mendengar aplikasi Zoom. Berkaitan dengan aplikasi tersebut, ada fakta menarik yang patut kalian baca.

Dilansir dari motherboard, bagi pengguna Zoom di iOS nampaknya akan disusupi oleh “aksi jahil” aplikasi ini. Pasalnya ditemukan Zoom versi iOS mengirim data ke facebook, bahkan jika penggunanya tidak memiliki akun facebook sama sekali.

Dari penemuan tersebut, data yang dikirim Zoom ke Facebook mencakup informasi penggunaan seperti ketika pengguna membuka aplikasi, detail tentang model ponsel pengguna, zona waktu dan kota tempat mereka berada, di mana mereka terhubung, dari operator apa mereka terhubung, dan pengidentifikasi pengiklan yang kemudian dapat digunakan pengiklan untuk mengirim iklan yang ditargetkan.

Masalahnya adalah Zoom tidak mengungkapkan “modus” ini, atau jika aplikasi ini melakukannya, praktek seperti ini tidak dilakukan dengan cara yang sangat jelas. Jika di Facebook, aplikasi besutan Mark Zuckerberg ini akan menuliskan bahwa sesuai dengan persyaratan mereka bagi pengembang untuk menggunakan syarat dan ketentuan mereka. Oleh karena itu, pengembang seperti zoom harus transparan dengan pengambilan data yang dikirim kembali ke Facebook.

Zoom memang sedang popular ditengah-tengah mewabahnya virus korona, karena baik kantor, sekolah, social dengan teman akan menggunakan aplikasi ini karena bisa menampung banyak akun. Mengenai hal ini, zoom sendiri belum memberikan klarifikasi.[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
blacktech,
#
zoom,
#
aplikasi,
#
video conference,
#
menyusup